Xiaomi Resmi Rilis Duo Redmi 5 di Indonesia

Xiaomi baru aja rilis Redmi 5 dan Redmi 5 Plus di Indonesia, Rabu (14/2) siang. Gak jauh beda waktu, Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro rilis di India. Jadi, apa persamaan dan perbedaan empat ponsel anyar itu?

Sekarang, mari ngomongin persamaannya dulu biar penjelasan ini jadi lebih gampang. Kamera empat lini Redmi 5 di dunia punya spesifikasi yang sama-sama unggulan. Malah, diklaim lebih unggul daripada iPhone 8. Penasaran kan? Langsung swipe up~

Kamera High End Untuk Semua Ponsel

Kamera belakang semua lini Redmi 5 dipasangin sensor resolusi 12 megapiksel. Besaran pikselnya adalah 1,22 mikrometer. Country Manager Xiaomi Indonesia Steven Shi bilang kalo spesifikasi kamera belakang itu bikin hasil foto Redmi 5 lebih kece dari iPhone 8.

“Kamera iPhone 8 punya besaran piksel 1,22 micrometer. Hasil foto Redmi 5 dengan 1,22 micrometer akan lebih apik. Bidikan foto makanan yang detil seperti nasi goreng akan terlihat lebih tajam dan enak. Sementara itu, foto pemandangan terlihat lebih nyata,” tutur Steven Shi.

Di bagian depan, terdapat kamera selfie 5 megapiksel. Lampu LED di bagian depan pun diklaim bisa hasilkan foto selfie malam yang tampak terang dan natural menyesuaikan warna kulit. “Kami sengaja menghadirkan kamera level flagship untuk semua kalangan, tak terbatas untuk kalangan atas saja,” kata Steven Shi.

Beda Spesifikasi Ponsel

Sekarang, mari ngomongin perbedaannya. Bagian ini agak ribet karena perlu ngomongin spesifikasi empat ponsel yang sebenernya adalah tiga ponsel itu. Hah? Empat ponsel tapi sebenarnya tiga ponsel? Maksudnya gimana? Biar makin paham sama maksud eventsclick, lanjutin bacanya aja.

Redmi 5

Redmi 5 hadir dengan layar kelas phablet (phone+tablet) ukuran 5,7 inchi. Chipsetnya adalah Qualcomm Snapdragon 450 dengan CPU octa-core berkecepatan 1,8 Ghz. Meski sistem operasinya terbilang jadul karena masih berbasis Android Nougat 7.1.2, interface ponselnya udah dipasangi MIUI 9 yang anyar dan lebih smooth itu.

Versi Redmi 5 ada dua. Pertama, versi RAM 2 GB dengan memori penyimpanan 16 GB. Kedua, versi RAM 3 GB dengan penyimpanan 32 GB. Memori penyimpanannya bisa ditambah dengan SD card external hingga 128 GB. Dengan baterai 3.300 mAh, ponselnya bisa puas dipakai seharian.

Redmi 5 Plus

Sesuai namanya, Redmi 5 Plus adalah versi lebih keren dari Redmi 5. Layarnya lebih besar, yaitu 5,99 inchi full-screen dengan rasion 18:9. Spesifikasi macam itu biasa ada di ponsel-ponsel high end, #AnakEvents.

Jeroan ponselnya juga ditingkatin dari Redmi 5. Chipsetnya adalah Snapdragon 625 octa-core berkecepatan 2,0 Ghz yang jauh lebih gokil daripada Snapdragon 450 Redmi 5.

Pilihan versinya pun lebih tinggi, yaitu RAM 3 GB dengan storage ponsel 32 GB atau RAM 4 GB dengan storage ponsel 64 GB. Apapun pilihannya, kapasitas penyimpanannya juga masih bisa ditingkatin hingga 128 GB pake SD card external.

Baterai Redmi 5 Plus pun diperbesar jadi 4.000 mAh yang pastinya belum habis dipakai seharian penuh dalam penggunaan normal tanpa keseringan main game.

Redmi Note 5

Sekarang, kita beralih ke ponsel yang rilis di India, yaitu Redmi Note 5. #AnakEvents tau gak sih kalo Redmi Note 5 sebenarnya adalah Redmi 5 Plus versi India. Yup. Dua ponsel beda merk itu adalah ponsel yang sama.

Hal itu tertera di situs gsmarena.com. Nama ponselnya ditulis seperti ini “Xiaomi Redmi Note 5 (Redmi 5 Plus).” Tanggal rilisnya sama-sama Februari. Chipsetnya sama. Kapasitas baterainya sama. Semuanya sama.

Tim Public Relation yang tangani peluncuran lini baru Xiaomi di Indonesia bilang kalo Redmi Note 5 belum di-launch di mana-mana. Namun, pemberitaan GSMArena.com, (14/2), soal peluncuran ponselnya di India tegasin bahwa Redmi Note 5 adalah ponsel Redmi 5 Plus yang di-“rebrand” di sana.

Redmi Note 5 Pro

Nah, ini baru flagship di antara flagship lini baru Xiaomi. Meski kameranya sama, jeroan Note 5 Pro jauh lebih gokil. Berdasarkan data, ponselnya dipasangi chipset Snapdragon 636 yang bikin ponsel bekerja lebih cepat dan mendukung tampilan full HD.

Kapasitas SD Card untuk dipasangi ke ponsel itu pun bisa hingga 256 GB, alias dua kali lipat generasi Redmi 5 lainnya. Ditambah fitur quick charge, baterai 4.000 mAh Redmi Note 5 Pro bisa terisi penuh dan habis lebih lama juga, loh #AnakEvents

Lain dari lini Redmi 5 di bawahnya, kamera belakang Note 5 Pro terletak di samping punggung ponsel bukan di tengahnya. Tapi, fingerprint scanner tetep terletak tepat di tengah punggung ponsel.

Cuma sayang, ponsel itu belum ada di Indonesia karena Xiaomi Indonesia baru merilis Redmi 5 seharga Rp 1,7 juta hingga Rp 1,9 juta dan Redmi 5 Plus seharga Rp 2,2 juta hingga Rp 2,7 juta. Pre-sale dua ponsel itu dibuka 22 Februari 2018.

Jadi sekarang udah ngerti kan ponsel keluaran terbaru dari Xiaomi? Kalo kamu paling suka yang mana nih #AnakEvents?

You might also like More from author