Wajib Tahu! Ini Yang Baru dari Trans Semarang di 2017!

Hai Anak Events!

Bus Rapid Transit “Trans Semarang”, atau yang biasa dikenal dengan BRT, memang menjadi pilihan banyak warga Kota Semarang kini. Pemakainya mulai dari siswa sekolah hingga mereka yang bekerja di berbagai penjuru Kota. Telah mengubungkan Kota Semarang dalam 4 koridor hingga 2016, banyak hal baru yang berubah dari BRT tahun ini. Apa saja ya kira-kira?

2 Koridor Baru BRT

Di Akhir 2016 lalu, Trans Semarang melucurkan 2 koridor baru yaitu Koridor V jalur Undip Tembalang – UPGRIS – Unnes Sekaran dan Koridor VI jalur PRPP- Dinar mas. Salah satu yang menjadi perhatian Pemkot Semarang memang menghubungkan dua kampus besar di Kota Semarang yaitu Unnes dan Undip.

Koridor V akan melewati rute PRPP-Kalibanteng-Pamularsih-Kaligarang-Dr Sutomo-Pemuda-Pandanaran-Simpanglima-Pahlawan-Sriwijaya-Kedungmundu-Perum Dinar Mas dan sebaliknya. Lalu pada koridor VI melintasi Undip Tembalang-Jatingaleh-Taman Diponegoro-Jalan S Parman-Jalan Kaligarang-Sampangan-Unnes Sekaran dan sebaliknya.

Sementara itu, 4 Koridor lama, yaitu Koridor I Mangkang – Penggaron, Koridor II Terboyo – Sisemut Ungaran, Koridor III Pelabuhan Tanjung Emas – Akpol, dan Koridor IV Terminal Cangkiran – Bandara Ahmad Yani – Stasiun Tawang, akan mengalmi revitalisasi baik dari armada maupun sarana pra sarana, termasuk Shelter.

Baju Baru Trans Semarang

Selain rute baru, Trans Semarang juga mengalami perubahan dalam bodi bus. Livery atau gambar pada gambar bus baru terlihat berbeda dengan bus lama. Armada baru ini didominasi dengan warna body biru muda dengan logo dan varasi berwarna merah. Bus baru ini menggunakan mesin  Hino, sedangkan bodi bus dibuat oleh karoseri Laksana asal Ungaran dengan tipe Discovery, model yang juga digunakan oleh bus-bus BRT lain seperti di Jakarta (PPD / Transjakarta) dan Makassar (BRT Trans Mamminasata).

Selain itu, BRT sendiri nantinya akan dilengkapi GPS yang memudahkan penumpang untuk mengetahui halte manakah yang akan menjadi tujuan. Selain itu, optimalisasi uang elektronik atau e-money juga semakin ditingkatkan. Semua ini untuk meningkatkan kepuasan penumpang dan menambah minat masyarakat Kota Semarang untuk naik transportasi umum.

Kalau Anak Events sendiri, punya pengalaman menarik kah saat naik BRT? share di kolom komentar ya!

You might also like More from author

Comments

Loading...