Surganya Para Pecinta Kopi, Jakarta Coffee Week 2017

Banyak yang bilang kopi itu candu. Buktinya bisa kamu lihat sendiri lewat tren minum kopi yang lagi menjamur di Indonesia. Nah, kalau kamu ngaku suka banget sama kopi, acara Jakarta Coffee Week (JACOWEEK) 2017 seharusnya jadi acara yang enggak boleh kamu lewatin setiap tahunnya nih #AnakEvents.

Jakarta Coffee Week (JACOWEEK) 2017 merupakan acara tahunan berkonsep one stop shop yang diprakarsai oleh ABCD School of Coffee bersama HYPE dan Bank Mandiri. Festival kopi terbesar di Indonesia ini sukses diselenggarain selama tiga hari berturut-turut sejak 8 hingga 10 September 2017 yang diadain di HYPE, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Sebagai acara tahunan yang bertujuan mempertemukan seluruh pelaku industri kopi di Indonesia, JACOWEEK bisa dibilang sukses besar. Buktinya bisa dilihat dari antusiasme para pencinta kopi yang datang dan ngeramein area HYPE.

Di hari terakhir acara (10/9), antusiasme pengunjung udah terlihat dari pintu masuk. Bahkan saat acara udah menjelang tutup pada jam 8 pun, keramaian pengunjung yang ingin masuk pun masih terlihat. Begitu juga pengunjung yang telah ada di dalam area JACOWEEK, yang masih betah meski situasi panas serta banyaknya produk kopi, peralatan seduh, produk berbasis kopi, maupun non-kopi yang telah terjual habis.

Hal ini terbilang wajar. Pencinta kopi di Indonesia nyatanya enggak cuma suka nikmatin kelezatan berbagai macam jenis kopi yang disajikan berbagai pengusaha kopi yang menjajakan produknya. Mereka ternyata juga senang berbagi pengalaman serta belajar banyak hal baru yang terkait dengan kopi.

Seperti dilansir dari Otten Coffee, JACOWEEK 2017 diramaikan oleh 130 stan yang terdiri dari kedai kopi, roastery, distributor mesin kopi, hingga penjual aksesoris atau produk non-kopi. Terdapat beberapa kedai kopi hits di Jakarta yang hadir di JACOWEEK 2017, seperti Gordi.id, Harapan Djaya, Dua, Jakarta Coffee House, dan sebagainya. Pengunjung bisa nyicip berbagai jenis kopi yang dibagiin gratis oleh beberapa kedai kopi, mulai dari single origin yang biasa lo temuin di kedai-kedai kopi, hingga yang paling langka.

Salah satu kopi langka yang ada di JACOWEEK 2017 dan enggak pernah kita temuin sebelumnya adalah kopi Manado yang disajikan oleh kedai kopi Kita Pe Koffie. Di antara kopi-kopi langka yang ada di JACOWEEK, kopi Manado jadi salah satu yang paling unik penyajiannya. Kopi Manado dimasak menggunakan arang kelapa yang membuat aroma kopi semakin kuat dan khas.

Selain bagi-bagi kopi gratis dan ngepromoin produknya, semua tenant kedai kopi dan roastery yang ada di JACOWEEK 2017 bisa dibilang juga bersemangat berbagi pengalaman dan ilmu kepada para pengunjung. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari mereka, mulai dari tips memilih biji kopi, cara menyeduh yang paling pas, hingga cara menyangrai.

Perlu diingat, JACOWEEK 2017 bukan hanya jadi ajang temu antara pelanggan dan penjual produk kopi. Acara ini juga jadi wadah bagi para petani kopi Indonesia untuk menjajakan kopi khas yang jadi andalan daerah mereka. Tercatat ada 15 provinsi, seperti Bali, Papua, NTT, Sulawesi Selatan, yang berkumpul dalam area bernama “Pasar Kopi”. Di tempat ini mereka bisa menawarkan secara langsung produk terbaik mereka kepada para pengusaha kopi.

JACOWEEK 2017 ternyata bukan cuma soal kopi. Ada sejumlah produk non-kopi yang ditawarin di acara ini. Salah satunya adalah produk teh bernama Tema Tea yang menjual teh berdasarkan kepribadian peminumnya. Stan Tema Tea Indonesia juga termasuk yang punya konsep menarik dengan daun teh yang ditaruh dalam cawan dan tabung ala laboratorium.

Pencinta kopi di Indonesia yang hadir di JACOWEEK 2017 juga bisa menyaksikan serunya para barista ternama Indonesia bertarung dalam kompetisi Aeropress. JACOWEEK 2017 sendiri menjadi puncak kejuaraan dan putaran final. Damaring Kalpika, barista @koffiesome asal kota Yogyakarta, keluar sebagai pemenang dan berhak mengikuti kejuaraan Aeropress internasional di Seoul, Korea Selatan.

Buat kamu pencinta kopi yang enggak datang ke acara ini, enggak perlu berkecil hati #AnakEvents. Tahun depan JACOWEEK akan kembali hadir dengan keseruan dan kehangatan yang sama. Kita pastiin kamu juga enggak bakal ketinggalan info soal JACOWEEK maupun semua yang berkaitan seputar kopi, hanya di Eventsclick! See you next year, coffee lovers!

You might also like More from author

Comments

Loading...