Serunya Festival Dalang Cilik di Semarang!

EVENTSMG.ID – Dalam rangka menyambut HUT kota Semarang yang ke 469, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan  Kota Semarang bekerjasama dengan Perkumpulan Seni Budaya Sobokarti, mengadakan Festival Dalang Semarang  2016 yang berkolakasi di Gedung Pekumpulan Seni Budaya dan Gedung Cagar Budaya Sobokarti,Senin (25/4).

Festival dalang 2016 ini, diikuti 43 dalang cilik dan dewasa. Terdiri dari 22 dalang kategori SD sampai SMP dan 21 dalang kategori SMA  sampai umum. Festival ini memang bertujuan untuk menumbuhkan rasa mencintai terhadap kesenian wayang terutama untuk generasi muda, hal tersebut disampaikan oleh Giyanto selaku Seksi Acara Festival Dalang Semarang 2016.  Dimulai dari tanggal 25 hingga 30 April 2016, acara ini disambut meriah oleh masyarakat kota Semarang, terbukti setiap harinya Gedung Seni Budaya Sobokarti, selalu didatangi oleh masyarakat kota Semarang.  Mereka ingin melihat bagaimana pertunjukan wayang yang biasanya didalangi oleh orang dewasa, kali ini didalangi oleh anak kecil. Dalang cilik dalam festival  ini, begitu bersemangat, mereka membawakan jalan cerita dalam pertunjukan wayang selayaknya dalang yang sudah profesional.

img_3047

Sepeti halnya dengan Ahmad Wildan Tafrijianto, dalang cilik ini sudah menggeluti kesenian wayang dari  bangku kelas 3 SD dan, saat ini dia telah menginjak kelas 5 SD. Dalang cilik yang akrab dipanggil wildan ini memiliki cita – cita untuk menjadi dalang senior agar dapat melestarikan kesenian wayang agar tidak punah. Cukup keren dan menginspirasi bukan?

Jadi kita sebagai anak muda jangan mau kalah ya dengan anak – anak yang mencintai kesenian wayang ini yaaa~ Mari kita bersama – sama melestarikan seni dan budaya wayang agar tidak punah atau diambil oleh negara lain 🙂

img_3080

You might also like More from author

Comments

Loading...