Semarang, Kota Yang Penuh Dengan Cerita! (Historis)

Semarang ibarat sebuah tempat di mana kisah-kisah masa lampau bermuara. Ya, itulah kalimat yang bisa mewakili gambaran kota historis ini. Di kota yang tak jauh dari daerah kelahiran Kartini ini, segala hal, mulai cerita Mataram Kuno, hingga kisah Zheng He, berasal.

Tak heran bila kota administrasi ini menjadi salah satu pesona Asia yang diperhitungkan keberadaannya. Buat orang-orang asli Semarang, pasti bangga lantaran kotanya memiliki nilai sejarah yang tinggi dan menjadi salah satu tujuan pariwisata dunia. Dan dibawah ini kita akan berikan beberapa hal yang membuktikan kalau Semarang itu adalah Kota yang Penuh dengan cerita~

Semarang terdaftar dalam lima kota terbesar di Indonesia. Tak heran kalau selalu jadi kota tujuan wisata atau tur seniman berlangsung

Kota ini punya penduduk sekitar dua juta jiwa. Luas wilayahnya mencapai 373,8 kilometer persegi. Bisa dibilang inilah kota metropolitannya Jawa Tengah. Tak heran kalau Semarang menjadi tempat tujuan orang bekerja, berwisata, atau melakoni tur.

Semarang menjadi tempat pertama Laksamana Tiongkok beragama Islam mendarat. Sampai sekarang, petilasannya terkenal dengan Klenteng Gedung Batu Sam Po Kong

Klenteng ini adanya di daerah Simongan, barat daya Kota Semarang. Di sana ditemukan sebuah tulisan yang amat menunjukkan keislaman, kira-kira seperti ini bunyinya, “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Quran”

Kereta Api Indonesia pertama kali berkantor di Semarang pasca-kemerdekaan

Bangunan kuno megah berlantai dua bernama Lawang Sewu itu pernah menjadi kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau PT Kereta Api Indonesia. Tepatnya setelah Indonesia merdeka. Tak heran kalau di kota itu identik dengan kereta api.

Pernah dengar jamu Nyonya Meneer? Di Semarang dibangun museum jamu pertama kali di Indonesia. Namanya Museum Jamu Nyonya Meneer

Itulah mengapa Semarang identik dengan jamu. Museum ini didirikan pada 18 Januari 1984. Di sana ada patung-patung yang menggambarkan produksi jamu zaman dulu. Ada juga barang-barang koleksi pribadi Nyonya Meneer.

Semarang termasuk dalam bagian Kerajaan Mataram Kuno

Pada abad ke-8, Mataram Kuno menduduki Jawa Tengah sebelum akhirnya pindah ke Jawa Timur sekitar abad ke-10. Semarang merupakan wilayah yang dulunya masuk Mataram Kuno.

Semarang adalah denyut pelabuhan Jawa Tengah

Pelabuhan Simongan, itulah salah satu tempat yang amat terkenal di sana. Pelabuhan ini menjadi tempat armada Laksamana Cheng Ho bersandar pada 1435 Masehi. Di tempat pendaratannya, Laksamana Cheng Ho mendirikan klenteng dan masjid. Sampai sekarang, bangunan itu terkenal dengan nama Klenteng Sam Po Kong.

Semarang pernah menjadi kota milik VOC. Itulah mengapa Semarang identik dengan Belanda

Semarang diserahkan ke VOC oleh Susuhunan Pakubuwono I karena ia telah dibantu merebut Kartasura. Sejak itu Semarang resmi menjadi milik VOC, kemudian Pemerintah Hindia-Belanda.

Semarang adalah Venetië van Java, Venesia di Pulau Jawa

Sebab, kota itu dilalui banyak sungai di tengah kota, ibaratnya di Venesia, Italia.

Semarang adalah muaranya makanan enak, utamanya lumpia

Semarang Kota Lumpia, itulah julukan yang tepat. Lumpia menjadi penganan khas Semarang yang terbentuk oleh akulturasi budaya Jawa dan Tiongkok.

Nah, itu dia bukti kalo Semarang itu Kota yang Penuh dengan Cerita. Semoga kamu juga makin bangga yaa dengan Semarang karena cerita(historis) nya!

You might also like More from author

Comments

Loading...