Ritual Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Hadapi Ujian Nasional!

Pertempuran anak-anak sekolah ketika Ujian Nasional sejatinya dimulai sejak malam menjelang hari H. Pada saat itulah kamu harus persiapkan fisik, mental, dan strategi untuk menghadapi “raja terakhir” di tempat ujian nanti.

Lain dari kebiasaan umum, salah besar kalo momen itu justru dipakai untuk belajar mati-matian. Hello! Belajar mati-matian sih seharusnya udah kamu lakukan dari berminggu-minggu yang lalu, saat masih ada guru atau tutor bimbel yang bisa membantu. Dan untuk ngelengkapinnya 10 hal di bawah ini perlu banget kamu lakuin!

1. Melatih “Mind Palace”

Daripada maksain otak menerima informasi baru, mending mengingat kembali materi yang udah dipelajari. Biar ingatan kamu kuat, trik “Mind Palace” Sherlock Holmes bisa kamu coba. Caranya, dengan berkonsentrasi tinggi memvisualisasikan pelajaran lama. Karena kamu bukan Holmes, engga apa-apa deh ngintip catatan dikit-dikit.

Kamu bisa sekalian mengingat muka kakak tutor bimbel yang cantik selain mengingat pelajaran yang doi ajarin. Itung-itung buat jadi mood-booster. Buat yang udah punya pacar, itu engga termasuk selingkuh kok.

2. Nyantai

Baiknya, kamu melakukan trik “Mind Palace” sambil nyantai biar fokusnya lebih tinggi lagi. Tapi, tetep jaga konsentrasi supaya pikiran kamu engga hanyut dan berubah jadi ngelamun jorok yaa Anak Events!

3. Makan Yang Bener

Klise, tapi ada benarnya. Tubuh kamu butuh makanan bergizi supaya kamu punya tenaga ekstra pagi-paginya. Coba seimbangkan antara karbohidrat, protein, sayur, dan buah supaya badan segar ketika bangun. Karena, makanan berlemak bikin badan serasa berat difungsiin setelah tidur. Coba aja.

4. Cukup Air Putih

Selain supaya tenang, cukup minum air putih juga penting untuk “mengencerkan otak.” Soalnya, dehidrasi tuh bikin kamu sulit banget berkonsentrasi. Jangan lupa juga minum air yang cukup ketika pagi tiba dan bawa asupan air ke ruang ujian kalo emang dibutuhin.

5. Siapin Perlengkapan 

Hayo. Jangan suka dadakan yaa! Siapin semua perlengkapan yang kamu butuhin buat “perang” dari malem. Pastiin seragam udah tersedia, kaus kaki masih ada, dan sepatu siap dijejakkan. Alat tulis, coret-coretan, dan contekan perintilan lain juga jangan sampai ketinggalan ya. Kenapa harus disiapin dari malam? Supaya pagi-paginya kamu engga panik nyari-nyari barang, atau parahnya ketinggalan barang penting saat ujian nanti.

6. Peregangan

Peregangan dibutuhin banget nih, supaya badan jadi enak dan gampang tidur. Buat mengurangi cedera akibat kebanyakan duduk saat ujian dan belajar, coba lemesin otot leher, tangan, bahu, punggung, pinggang, dan pinggul.

7. PASANG ALARM!

Yaps! Ini paling penting! Jangan lupa pasang alarm. Pastiin kamu ga lupa yaaa! Karena kalo misal kamu kesiangan pas ujian kan gak lucu –___–

8. Kurangi Kopi

Biar tidur nyenyak, kamu harus kurangi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Misalnya, kopi, minuman energi, atau beberapa jenis obat-obatan.

9. Tidur Lebih Cepet

Skip dulu nonton bola, big match UFC, streaming episode baru, apalagi nongkrong-nongkrong engga jelas. Saat kamu udah pede dan yakin, mendingan waktu luangnya dipakai istirahat dan tidur lebih cepat. Inget loh, kamu butuh istirahat yang cukup supaya konsentrasi pagi-siang nanti engga terganggu.

10. Minta Doa Restu Orang Tua

Jangan lupa minta doa dan restu orangtua supaya kamu bisa mengerjakan UN dengan baik dan engga ketauan nyontek. Soalnya, izin Tuhan baru bisa turun setelah orangtua mengizinkannya. #TSAH!

Intinya, tetap tenang saat malam jelan ujian, sesusah apapun mata pelajaran yang diuji nanti. Kamu harus tetep yakin dengan kemampuan diri sendiri yaa! Jangan nyontek lho! Jujur ajaa~ Oke?

Atau kamu punya ritual persiapan ujian sendiri? Yuk share pendapat kamu di bawah ini, itung-itung bantu temen yang lagi stres menghadapi UN. Tetep semangat ya, Anak Events!

You might also like More from author