Perjalanan Karir Sineas Muda, Angga Dwimas Sasongko

Sebagai sutradara yang memulai perjalanan di dunia film dari umur sangat muda, 21 tahun, pencapaian Angga Dwimas Sasongko hingga menjadi sutradara yang produktif berkarya dalam industri film bukanlah sesuatu yang mudah. Angga memulai karier dari sesuatu yang kecil dan dana yang minim. Namun, berkat tekadnya yang kuat dan semangat untuk memajukan Industri Film di Indonesia, perlahan-lahan usahanya mulai membuahkan hasill.

Pada saat usianya 21 tahun, ia menyutradarai sekaligus memproduseri film panjang pertamanya  pada tahun 2006 berjudul Foto Kotak dan Jendela. Meskipun film tersebut hanya dibuat dengan format video dan tidak tayang di Bioskop, Angga tetap mendapat rekor sebagai sutradara termuda di Indonesia karena ia berhasil membuat sekuel film horror laris yaitu Jelangkung 3 yang rilis pada tahun 2007.

Dalam proses perjalanan karirnya, berikut adalah beberapa film layar lebar yang disutradari oleh Angga Dimas Dwi Sasongko dan mendapatkan sederet penghargaan dari berbagai acara.

Cahaya Dari Timur Beta Maluku (2014)

Film drama Indonesia yang tayang tahun 2014 ini dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Shafira Umm. Film ini dirilis pada tanggal 19 Juni 2014. Kisahnya diambil berdasarkan kisah nyata yang menghadirkan gambaran kondisi kondisi yang sebenarnya berdasarkan cerita. Pendekatan sosial budaya dan akurasi fakta menjadi elemen penting dalam pengerjaan film ini. Uniknya Film Cahaya Dari Timur menggunakan dialog Ambon dalam keseluruhan film dan  pemerannya merupakan aktor-aktor berbakat asli Maluku untuk mengisi peran anak-anak yang ada. Film yang mengangkat cerita tentang sepak bola ini juga mendapat penghargaan Festifal Film Indonesia 2014 sebagai film terbaik.

Filosofi Kopi (2015)

Film Filosofi Kopi yang diadopsi dari sebuah Novel karya Dee Lestari ini berhasil mendapatk cukup banyak penghargaan. Diantara pengharagaan yang telah diaraih oleh tim produksi film ini diantaranya,  pemenang  kategori Penulis Skenario Adaptasi Terbaik dan Penyunting Gambar Terbaik di Festival Film Indonesia. Film ini juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Esemble Performance di World Premiere Festival 2015.

Surat Dari Praha (2016)

Karya-karya film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini memang selalu menghasilkan prestasi yang gemilang. Seperti film Surat dari Praha yang rilis pada tahun 2015. Film ini berhasil mendapatkan 4 penghargaan dalam beberapa kategori di Usmar Ismail Awards 2016. Kategori tersebut diantaranya pemenang Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, dan Pemeran Utama Wanita Terfavorit.

Bukaan 8 (2017)

Memasuki Tahun 2017, tak tanggung-tanggung Angga kembali menelurkan karya yang diproduksi oleh rumah produksi miliknya yaitu Visinema Pictures. Dalam film ini, Angga menggarap film drama komedi yang dirilis pada Februari 2017.  Film ini berhasil masuk dalam daftar nominasi pada acara acara Umar Ismail Awards 2017 sebagai Pemeran Pendukung Pria Favorit dan Pemeran Utama Wanita Terfavorit. Kemudian pada acara Indonesian Movie Actors Awards masuk dalam daftar nominasi sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pasangan Terbaik.

Filosofi Kopi the Movie 2: Ben & Jody (2017)

Film Filosofi Kopi the Movie 2: Ben & Jody yang rilis pada bulan Juni 2017 ini merupakan sekuel dari drama bro-mantic Filosofi Kopi (2015),diperankan oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto. Setelah 4 hari tayang, film ini berhasil tembus sebanyak 100 ribu penonton. Sampai dengan dua pekan penayangannya, jumlah penonton Filosofi Kopi 2 sudah melewati film pertamanya. Ini menunjukan bahwa antusias masyarakat terhadap film ini sangat tinggi. Sejauh ini, penghargaan yang telah diterima yaitu pemenang kategori Pemeran Utama Pria di acara Festival Film Bandung.

Wiro Sableng 212 (Rilis 2018)

Bukan main, menjelang tahun 2018, Angga Dwisasongko siap merilis kembali karya terbarunya. Kali ini ia mencoba menggarap film laga yang merupakan salah satu produksi terberat yang pernah ia kerjakan selama menjadi sutradara dan melibatkan pemain terbanyak sepanjang karirnya. Uniknya, film ini juga turut diperankan oleh Sherina yang sudah sangat lama vakum dalam dunia akting. Penasaran kan, #AnakEvents?

You might also like More from author

Comments

Loading...