Pecahnya Spotify On Stage Indonesia!

Seperti sederet playlist yang ada di aplikasinya, Spotify tahu betul bagaimana cara bikin pecinta musik di Indonesia bisa menikmati hari mereka. Spotify menawarkan semua genre musik dalam satu genggaman di ponsel. Mau mellow bareng Afgan dan Raisa bisa. Mau dengerin musik elektronik yang calming ala AmPm bisa. Mau bersemangat dengan lagu-lagu dance seperti punya NCT 127 dan DNCE juga bisa. Istimewanya lagi, kali ini penggemar musik di Tanah Air nggak cuma bisa mendengarkan lagu-lagu dari penyanyi kesukaan mereka secara streaming, tapi secara langsung #AnakEvents!

Tampil di atas panggung di Jakarta dalam event berjudul Spotify On Stage yang digelar di Hall C3 JIEXPO Kemayoran pada Rabu (9/8/2017) lalu. Nama-nama yang sudah disebutkan di atas hadir dalam satu panggung yang sama. Bersama dengan beberapa nama lain yang lagu-lagunya juga hits di Spotify seperti Dipha Barus dan Isyana Sarasvati nih #AnakEvents. Serunya lagi: acara ini gratis! Wohoooo~

Harus jujur, yang membuat event ini histeris adalah para NCTzen. Sebutan akrab untuk fans grup KPop NCT 127. Sejak Spotify On Stage diumumkan gratis di media sosial, para penggemar mendadak panik dan berebut untuk mendapatkan tiket yang disebar terbatas. Mereka yang gagal hanya bisa gigit jari (meski tetap bisa datang dan cari calo di lokasi). Sekitar 7000an orang yang berhasil dengan bahagia bisa datang pagi-pagi dan antre tanpa peduli udara panas yang menyelimuti Kemayoran hari itu.

Yang paling penting buat mereka adalah spot paling depan untuk bisa melihat sang idola, NCT. Sudah jadi hal yang wajar untuk fans KPop datang ke venue berjam-jam sebelum acara dimulai. Pintu baru dibuka sekitar jam 5 sore tapi mereka sudah mengular di depan pagar mungkin sejak matahari terbit. Para penggemar NCT 127 ini yang bikin suasana hari itu jadi makin berasa meriah.

Penonton dibagi jadi tiga kategori: Premium, Reguler dan VIP. Sangat disayangkan nggak ada panggung yang memanjang ke depan seperti konser KPop kebanyakan. Tapi itu nggak mengurangi kemeriahan acaranya. AmPm membuka malam itu dengan musik-musik EDM mereka yang paling populer di playlist Spotify. Termasuk lagu ‘Best Part Of Us’ yang versi studionya dibawakan bersama Michael Kaneko. Lagu ini jadi salah satu hits viral di Spotify karena berhasil didengarkan oleh lebih dari sejuta kali dalam 10 hari sejak perilisannya.

Musik AmPm malam itu memulai Spotify On Stage dengan penuh loncatan dan groove. Meski kebanyakan penonton yang ada di dalam adalah fans NCT 127, tapi mereka semua bisa menikmati musik dari artis yang sebenarnya jarang mereka dengarkan itu. Well, music is universal, right? Penampilan bertopeng AmPm malam itu memorable banget!

Isyana Sarasvati menyusul muncul dengan cantik dan anggun bersama band-nya, menyanyi live dan berteriak melengking nyaring memanjakan telinga di nada-nada tinggi. Isyana bikin seisi Hall C3 menyanyi bersama ketika dia membawakan ‘Kau Adalah’ dan galau maksimal di lagu ‘Tetap Dalam Jiwa’. Improvisasi dan bridging musik yang dia tampilkan malam itupun tetap enak di kuping. Tapi pestanya belum benar-benar dimulai karena NCT 127 belum naik ke panggung.

Setelah Isyana merampungkan penampilannya dan video ‘Coming Up Next: NCT 127’ muncul di layar besar di belakang panggung, suasana mendadak jadi lebih panas. Teriakan NCTzen benar-benar pecah! Semua yang ada di kelas Premium memaksakan diri untuk lebih dekat ke panggung. Hampir semua mengangkat tinggi-tinggi ponsel mereka untuk merekam. Tombol record pun ditekan saat NCT 127 membuka penampilannya dengan ‘Fire Truck’.

Ini adalah penampilan pertama NCT 127 di Jakarta. Sebenarnya mereka akan menyapa NCTzen di event acara musik di bulan September nanti. Tapi Spotify rupanya sukses mencuri start. Malam itu Johnny, Yuta, Taeyong, Jaehyun, Taeil, Doyoung, WinWin, Mark dan Haechan tampil dengan kostum bernuansa pink cerah. Style untuk lagu terbaru mereka ‘Cherry Bomb’. Di atas panggung “mini” itu mereka menyanyi dan menari dengan energic. “GET IT LIFTED!” disambut teriakan histeris dari fans.

“Thirsty! Thirsty! For love!” Fans nggak pernah terdengar sepi teriakan sepanjang lagu. Mereka nggak cuma hapal lirik demi lirik lagunya, tapi juga fanchant di sela-sela lirik yang menjadi khas penampilan bintang KPop. Setelah dua lagu bersemangat dan jagoan dari dua album mini yang berbeda, NCT 127 mengajak fans untuk santai sejenak mendengarkan lagu ‘Good Thing’ dan ‘0 Mile’. Lagu kedua adalah lagu kesukaan sang leader, Taeyong, karena menurutnya lagu itu untuk NCTzen banget. Liriknya menggambarkan kalau NCT dan fans nggak ada jarak. “You and I are zero mile.”

Sebagai puncak penampilan mereka malam itu–diawali dengan minum sedikit air di belakang panggung saat video diputar di layar–NCT 127 membawakan ‘Cherry Bomb’. Ini jadi yang paling ditunggu-tunggu tapi juga paling nggak dinantikan. Karena siapa sih yang mau keceriaan bersama NCT 127 malam itu selesai? Dari sisi kiri sampai sisi kanan section Premium semuanya histeris. Nggak jarang terdengar fans memanggil nama-nama bias mereka. “Ini adalah lagu terakhir kami malam ini, jadi selamat menikmati, dan sampai jumpa lagi Indonesia! Kami cinta kalian!”

NCT 127 jadi seperti apa yang mereka nyanyikan dalam lirik ‘Cherry Bomb’ malam itu. They are indeed the biggest hit on the stage! Keputusan yang sangat tepat mengundang idola KPop besutan SM Entertainment sebagai salah satu pengisi acara Spotify On Stage. NCT 127 nggak cuma bikin malam itu jadi lebih hidup, tapi antusiasme fans mereka juga bikin event ini terasa sangat meriah dan benar-benar dinantikan! Excitement-nya sangat terasa sejak acara belum dimulai, bahkan sampai Raisa dan Afgan naik panggung. Setelah diguncang oleh musik yang diputar minus one ala NCT 127, kuping penonton lanjut dihajar dengan sederet hits dari Raisa dan Afgan yang enak buat sing along.

Semalam, di #SpotifyOnStage ✨

A post shared by @raisa6690 on

Malam itu Raisa tampil cantik dan memukau, membawakan beberapa hits-nya seperti: Tentang Cinta dan Usai Disini. Lanjut dengan hits manisnya Could It Be, Raisa mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Spotify dan menutup penampilannya dengan membawakan lagu Kali Kedua.

Setelah Raisa, Afgan tampil dan membuka penampilannya dengan lagu Katakan Tidak. Penonton pun langsung seru-seruan, loncat-loncat sambil menyanyikan lagu ini. Setelah seru-seruan, Afgan malah ngajak penonton galau bareng dengan membawakan lagu Sadis. Dilanjut dengan lagu Knock Me Out, Afgan bercerita sedikit tentang bagaimana beruntungnya dia menemukan sosok wanita dambaannya saat ini, dan lagu ini didedikasikan untuk dirinya. Afgan juga sempat bercerita bahwa sebagai fans KPop dia senang banget bisa sharing panggung sama NCT 127 dan sempat melihat penampilan mereka.

Malam itu penampilan Afgan ditutup dengan lagu duet bersama Raisa, Percayalah. Mengaku sudah cukup lama tidak duet bersama di panggung, Raisa dan Afgan saling memuji di panggung dan berterima kasih kepada pihak Spotify karena akhirnya mereka berdua bisa manggung bareng lagi.

Setelah Raisa dan Afgan turun panggung, tiba-tiba saja muncul tulisan: Coming up next: DNCE! Tiba Tiba dua orang cowok berkaos hitam dan memakai topeng muncul di panggung, mengusung dan mengibarkan bendera dengan tulisan TEAM DNCE, sebutan untuk fans mereka. Tak lama kemudian muncul personil-personil band DNCE; Joe Jonas, Cole Whittle, Jack Lawless dan JinJoo Lee mengenakan topeng dan tiba-tiba melepas dan melempar topeng-topeng itu ke arah penonton.

Langsung saja penampilan mereka dibuka dengan lagu Naked. Penonton langsung seru-seruan, jejingkrakan sambil merekam aksi panggung DNCE. Ini adalah kali pertama DNCE tampil di Indonesia. Di tengah tur Asia-nya tahun ini, DNCE mengunjungi Indonesia khusus untuk tampil di Spotify On Stage. Di lagu pertama ini, Joe langsung turun dari panggung untuk menghampiri penonton bagian tengah depan. Langsung saja semua histeris, mengingat Joe memang frontman band ini.

Setelah seru-seruan dengan lagu Naked, DNCE langsung melanjutkan aksi panggungnya dengan lagu berjudul DNCE dari album self-titled mereka dengan judul yang sama. Tak diragukan lagi aksi panggung DNCE emang atraktif dan spektakuler, diiringi high notes Joe yang keren banget!

Tak terasa, rasanya DNCE hampir membawakan semua lagu mereka di debut album mereka hingga akhirnya, saat yang dinanti-nanti, debut single mereka, Cake By The Ocean dibawakan! Langsung saja penonton semangat lagi untuk seru-seruan buat nyanyiin lagu hits milik DNCE yang baru saja mencapai 1 Billion streams di seluruh dunia ini. Joe meminta penonton untuk menyanyikan lagu ini di beberapa bagian. Confetti mulai berjatuhan lagi pertanda ini memang akhir dari penampilan DNCE malam itu.

Sebelum turun dari panggung, Joe mengambil dan mengibarkan bendera merah – putih diiringi lagu We Are The Champion milik Queen. Meskipun nggak rela penampilan mereka berakhir, akhirnya Joe, Cole, JinJoo dan Jack pamit dari panggung. Joe digendong di punggung Cole saat meninggalkan panggung. Band ini emang kocak dan unik banget! Tak diragukan lagi DNCE merupakan salah satu performers terbaik malam itu dan semoga saja one day DNCE akan mengadakan konser tunggalnya di Indonesia!

Perhelatan Spotify On Stage belum berakhir disitu. Setelah penampilan DNCE, penonton menantikan penampil terakhir. Satu-satunya yang belum tampil adalah Dipha Barus, salah satu DJ tanah air yang sedang ngehits. Muncul dengan mengibarkan bendera, Dipha membuka penampilannya dengan lagu I Love It milik Icona Pop yang diremix. Beberapa lagu yang ditampilkan diantaranya, Till It Hurts milik Yellow Claw dan juga Summer milik Calvin Harris.

#SPOTIFYONSTAGE

A post shared by Moses Sihombing (@mosesmmms) on

Memanjakan para pecinta KPop, Dipha juga me-remix beberapa lagu KPop, diantaranya lagu milik Boombayah milik BLACKPINK dan Ko Ko Bop milik EXO dan lagu Psy dilanjut dengan Alone milik Marshmello. Seru juga melihat aksi Dipha jingkrak-jingkrakan di panggung dan penonton pun ikutan seru-seruan dan jingkrak-jingkrakan lagi.

Menjelang akhir acara, Dipha akhirnya menampilkan lagu No One Can’t Stop Us dan tiba-tiba saja penonton mendapat surprise manis berupa sosok Nadin yang tiba-tiba muncul membawakan lagu All Good bersama Dipha. Penampilan epic Dipha dan Nadin sekaligus menutup rangkaian acara musik Spotify On Stage malam itu.

Tak diragukan lagi, Spotify On Stage dapat dikategorikan sangat sukses malam itu. Semua performers tampil keren banget dan semua penonton tampak puas menikmati seluruh rangkaian acara dan musik yang disajikan. Saat barisan penonton mulai meninggalkan venue, tampak ada barisan lagi di area Premium. Ternyata mereka mendapatkan goodie bag dari Spotify! Wah, kurang keren apalagi? Udah event-nya keren banget, bisa nonton konser taraf International gratis, eh dapat souvenir pula! Pecah banget deh pokoknya acaranya! Thank you so much, Spotify! Semoga acara Spotify On Stage bisa jadi acara rutin tahunan nantinya ya #AnakEvents!

You might also like More from author

Comments

Loading...