Nikmati Indahnya Sunrise di Dataran Tinggi Dieng

Sudah punya rencana liburan kemana nih Anak Events? Jangan sampai di waktu liburan kayak gini kamu cuma di rumah aja ya hihi. Nih, ada tempat keren yang bisa kamu kunjungi di liburan kali ini, yaitu Dieng.

Dataran tinggi yang terletak di wilayah Wonosobo ini termasuk tempat wisata yang banyak pengunjungnya juga loh. Apalagi buat para pecinta naik gunung, pasti suka deh kalau liburan ke Dieng. Tapi nih, di Dieng nggak cuma bisa naik gunung aja. Di kawasan san ada banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Ada candi, kawah vulkanik, dan juga ada beberapa danau di sana. Nah, kalau ngomongin soal naik gunung nih belum lengkap kalau nggak liat sunrise atau matahari terbit. Di Dieng ini terkenal akan spot atau tempat melihat sunrise yang keren banget! Kalau suka naik gunung dan ingin melihat sunrise kalian bisa memilih antara dua spot keren di Dieng. Yaitu sikunir dan Gunung Prau. Hayo, siapa yang udah pernah kesana?

#dieng #diengwonosobo #sikunir #sikunirdieng #canon1100D

A post shared by Trihatmojo (@trihatmojo9944) on

Puncak Sikunir terletak pada desa tertinggi di Jawa Tengah yaitu Desa Sambungan dengan ketinggian sekitar 2.3500 meter di atas permukaan laut. Untuk akses ke Sikunir sangat mudah baik menggunakan motor atau mobil walaupun jalan agak berlubang jadi bagi Anak Events yang mau kesana harus hati – hati ya. Puncak sikunir sangat cocok buat kamu yang pendaki pemula karena untuk dapat ke puncak sangat dekat. Kamu hanya butuh berjalan sekitar 15 menit dan jika para destiners kelahan dan kelaparan tenang aja, di puncak banyak penjual makanan dan minuman. Jadi sangat menguntukan buat kamu dan jangan lupa buat menjaga kebersihan ya.

The golden sunrise Alhamdulillah ?? . . #sikunirdieng #explorejateng #explorediengplateau #wonosobozone #siluet

A post shared by aisahnurlaily (@aisahnurlaily13) on

Walaupun puncak Sikunir terbilang sangat mudah didaki namun pesona untuk melihat sunrise keren banget. Sampai – sampai Puncak Sikunir di juluki golden sunrise karena keindahan dari sunrise tersebut. Selain itu sikunir menjadi salah satu tempat terbaik dunia untuk melihat matahari terbit. buat kamu yang mau dating kesini dijamin puas dan jangan lupa abadikan dengan sekeren mungkin ya Anak Events.

Nah, spot sunrise di Gunung Prau juga tidak kalah menariknya dari Sikunir. Jadi jika kamu berkunjung ke dieng wajib untuk mampir ke sini. Karena pesonanya alam khas pegunungan ini membuat Gunung Prau memiliki daya tarik yang membuatnya tak pernah sepi oleh pengunjung. Ketika hari libur pengunjung di puncak bisa mencapai 1000 pengunjung. Ketinggian Gunung Prau sekitar 2.565 mdpl merupakan gunung tertinggi di kawasan dataran tinggi Dieng. Untuk akses ke puncak Prau terdapat dua alur yang biasa di lalui oleh para pendaki yaitu jalur Patak Banteng dan Dieng. Jarak tempuh sekitar 3 sampai 4 jam itu sangat cocok buat kamu pendaki pemula untuk latihan. Pendakian dimulai dari Desa Patak Banteng dengan melewati tangga beton yang disebut Ondo Sewu atau tangga seribu menuju Pos 1 yang disebut Pos Sikudewo. Kemudian di lanjutkan ke Pos 2 disebut Cangal Walangan. Setelah itu ada Pos 3 atau pos Cacingan, disini medan sudah mulai curam dan licin jadi harus hati – hati.

Untuk spot sunrise Gunung Prau tidak kalah keren. Kamu juga bisa menikmati indahnya sunrise yang muncul dari beberpa gunung yang terlihat.  Dari atas puncak kita melihat gunung – gunung yang ada di jawa tengah mulai dari Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Merapi. Jadi menambah kecantikan pemandangan dari puncak.Di Puncak Prau ada bukit yang di berinama Bukit Teletubis karena kemiripannya. Ketika matahari sudah mulai muncul kita bisa melihat indahnya landscape pemandangan Dieng dan sekitarnya dari atas. Buat kamu jangan lupa untuk abadikan momen sebanyak – banyaknya ya. Dan jangan lupa juga untuk tetap menjaga lingkungan agar puncak Prau tetap terlihat cantik dan menarik.

Nah, di bulan Juli bakal ada acara menarik juga loh di Dieng. Namanya, Dieng Culture Festival. Acaranya cocok banget buat kalian yang masih penasaran sama Dieng, bisa banget tuh dateng ke acara festival itu. Kalian bisa menikmati negeri di atas awan yang bakal dikemas dengan keren banget. Yaitu dengan memadukan keindahan alam dan keunikan budayanya. Wah, jangan sampai ketinggalan deh Anak Events pasti seru bangat!

You might also like More from author

Comments

Loading...