Maraknya Penyebaran Hoax, Metro TV Menggelar Acara Say No To Hoax

Anak Events pasti tau kan sekarang lagi maraknya penyebaran berita atau informasi hoax? Nah pas banget nih kemarin (28/5) Metro TV ngadain acara NSI Exposed yang bertajuk “Say No To Hoax” di Universitas Negeri Semarang. Acara ini diselenggarakan oleh Metro TV buat ngasih pengetahuan ke kita kita nih tentang penyebaran hoax agar ga mudah percaya sama berita berita bohong yang tidak jelas sumbernya, soalnya berita hoax dibuat itu untuk kepentingan kelompok tertentu loh! Berita hoax biasanya juga memuat ajakan untuk menyebarluaskan berita bohong tersebut agar lebih banyak mempengaruhi pola pikir masyarakat kita, hiii.. ngeri yaaaa!

Pada acara kali ini, Aviani Malik, presenter senior Metro TV yang menjadi pembawa acara utamanya. Lalu juga ada beberapa narasumber diantaranya Deputi I Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Abdul Rahman Kadir, Direktur Marketing Detik.com Lukman Luthfie, serta seorang youtuber dan komposer kreatif Eka Gustiwana. Selain itu peserta juga dihebohkan dengan kejutan hadirnya Bapak Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah yang tiba tiba menampakkan diri di pintu masuk dengan salam khas rockernya hahaha. Pokoknya seru banget deh!

Lukman  Luthfie menyampaikan kalo 80% masyarakat masih gak bisa membedakan mana yang berita hoax dan mana yang tidak. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan masyarakat dalam memilah berita masih sangat rendah. Selain itu, terkadang iklan-iklan hoax juga bertujuan untuk mengakses media sosial korban dan menyebarkan berita-berita hoax lainnya (pishing).

Nah, lalu ada Mayjen TNI Abdul Rahman Karim yang membahas tentang radikalisasi terkait maraknya berita hoax nih Anak Events. Banyak informasi yang mengajak seseorang untuk bergabung kedalam suatu organisasi dimana organisasi tersebut tidak jelas maksud dan tujuannya. Lalu, di dalam acara yang banyak banget pesertanya ini, Komposer Eka Gustiwana juga berpesan nih buat kita semua bahwa tidak perlu menjadi terkenal dengan cara menyebarkan berita hoax karena akan menimbulkan berbagai dampak negatif kedepannya.

Gimana Anak Events? Keren banget kan acaranya? Jadi kalian harus lebih pintar pintar memilih dan mengkroscek berita atau informasi yaa, jangan sampai kalian percaya sama berita hoax lho! Kalo kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share ke sosial media kamu yaaa 🙂

You might also like More from author

Comments

Loading...