Lakukan Hal Ini Setelah Mengikuti Acara Job Fair

Sudah mengikuti banyak job fair tapi belum dipanggil interview juga? Tenang, mungkin belum waktunya #AnakEvents. Menunggu panggilan interview setelah menjalani job fair memang terkadang bikin gregetan sangking lamanya. Dalam beberapa kasus panggilan interview bisa berlangsung hingga tiga sampai enam bulan berikutnya lho. Selain menunggu panggilan, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan setelah mengikuti job fair, ini dia tahapan selanjutnya~

1. Lihat Lagi Kartu Nama atau Brosur

Lihat-lihat lagi yuk kartu nama atau brosur perusahaan yang kamu apply. Tulislah beberapa tahapan yang mereka lakukan untuk merekrut karyawan baru seperti misalnya melamar secara online, psikotes, wawancara dan sebagainya. Penting untuk mengajukan lamaran pekerjaan ke perusahaan yang memang kamu sukai, maka dari itu pelajari lagi yah visi dan misi perusahaan.

2. Tambahkan Koneksi Relasi

Punya akun Linkedin? Digunain dong! Kamu bisa berhubungan dengan menambahkan koneksi orang-orang yang bekerja di perusahaan yang kamu apply saat job fair. Kamu bisa saja menambahkan koneksi dengan perwakilan perusahaan di job fair tersebut dan menambahkan pesan untuknya. Siapa tahu dengan niatan baik bisa dibalas dengan baik juga, kan?

3. Update CV

Paling baik jika kamu melamar di perusahaan multinasional untuk menggunakan bahasa Inggris dalam resume dan surat lamaran kerja lagi. Dan jangan lupa double-check lagi untuk menghindari risiko misspelling. Cek lagi nama, tanggal dan informasi penting kamu agar lebih mudah dibaca. Kebanyakan perusahaan lebih suka resume atau CV dengan jumlah halaman sedikit lho.

4. Bersiap untuk Interview Dadakan

Bersiaplah membeli pakaian baru untuk wawancara yang mungkin akan diadakan dadakan minggu ini. Jangan sampai kamu salah kostum saat mendatangi perusahaan nantinya atau ternyata pakaian kamu bau karena belum dicuci. Kita juga saranin untuk berlatih wawancara di depan cermin dan mempelajari secara detail profil perusahaan yang kamu lamar saat berada di job fair ya!

5. Follow-up melalui HRD Perusahaan

Kamu bisa saja lho menanyakan lagi mengenai aplikasi lamaran kamu melalui bagian HRD atau personalia perusahaan yang kamu lamar. Calon pekerja berhak mengetahui apakah ia lolos ke tahapan berikutnya untuk menjadi kandidat karyawan atau tidak. Nggak perlu malu atau segan yah #AnakEvents

6. Melamar Pekerjaan Lain Secara Online

Dalam kasus ini, jika kamu sudah lama tidak mendapatkan panggilan interview lagi setelah mendatangi banyak job fair, ada baiknya jika kamu melamar lebih banyak pekerjaan secara online. Kamu nggak akan tahu darimana rezeki itu berasal dan lagipula melamar pekerjaan secara online saat ini sudah hal yang lumrah kok. So good luck yaaa #AnakEvents!

You might also like More from author

Comments

Loading...