Ini Dia Wedangan Ngetop di Semarang!

Mencari yang hangat di malam hari? Wedangan salah satunya. Wedangan berasal dari bahasa Jawa, wedang yang berarti minuman, sedangkan wedangan sendiri adalah sebuah warung makan/minum yang menjajakan dagangannya dengan gerobak atau dipikul dan diberi penerangan lampu minyak tanah. Orang Semarang biasa menyebutnya dengan teplok, tetapi seiring perkembangan zaman lampu minyak tanah diganti menggunakan lampu yang beraliran listrik.

Bicara soal wedangan, Semarang mempunyai beberapa macam wedangan yang menarik untuk dicoba nih #AnakEvents, mulai dari wedang ronde, wedang kacang tanah, wedang rempah dan masih banyak lagi. Soal rasa… tak perlu diragukan lagi, yuk kunjungi 5 wedangan nge-top di Semarang ini!

Wedang Jahe Rempah Mbah-Jo

Tak sedikit warung wedangan di Semarang yang menjual wedang jahe, namun berbeda dengan Warung jahe Mbah Jo. Wedangan yang terletak di Jalan Mentri Supeno ini, lebih  tepatnya berada di belakang Kantor Gubernur Jawa Tengah tidak pernah sepi pengunjung.

Berbagai menu yang ditawarkan dari Warung jahe Mbah Jo diantaranya  jahe rempah, jahe kencur, jahe temulawak, jahe jeruk, jahe kunir, kopi jahe, susu jahe, dan teh jahe.Minuman tradisional inipun mempunyai berbagai macam manfaat kesehatan untuk tubuh.Yang menarik dari wedang ini adalah cara membuatnya ditumbuk bersama rempah-rempah lain sehingga memunculkan rasa dan aroma yang kuat dari rempah tersebut.

Wedang jahe Mbah Jo, buka pukul 06.00-22.00 WIB, untuk harga anda hanya perlu merogoh kocek sebanyak 5000 rupiah saja dan bisa mendapatkan segelas Wedang jahe Mbah Jo yang berkhasiat bagi tubuh kamu.

Wedang Tahu Pak Amad

Jika anda sedang menikmati gemerlapnya Kota Semarang di daerah Gombel, jangan lewatkan wedang khas Semarang yang satu ini. Wedang tahu merupakan minuman khas Semarang yang terbuat dari kembang tahu lalu di siram dengan campuran jahe dan gula jawa.Di Gombel lebih tepatnya di depan Nasmoco Gombel terdapat salah satu warung wedang tahu yaitu Wedang tahu Pak Amad.

Wedang tahu Pak Amad ini disajikan menggunakan mangkok kecil khas orang Semarang, perpaduan antara gurihnya kembang tahu serta hangatnya campuran kuah jahe dan gula jawa merasuk jadi satu didalam semangkok wedang tahu.

Harga yang ditawarkan cukup murah, anda hanya perlu membayar 5000 rupiah saja dan sudah mendapat semangkok wedang khas Semarang ini.

Wedang Kacang Tanah Kapuran

Banyak dari kita yang mengetahui makanan khas Semarang seperti wingko babat, lumpia, bandeng presto dan makanan khas lainnya. Tapi, tahukah anda dengan wedang kacang? Wedang kacang merupakan hidangan khas kota Semarang yang kurang lebih sudah ada sejak 40 tahun yang lalu.

Seperti wedang kacang tanah di jalan Kapuran ini, sejak tahun 1977 didirikan oleh pak Yusman dan sekarang sudah diturunkan kepada putrinya serta adik iparnya. Warung wedang kacang ini tetap mengusung konsep kaki lima yaitu bisa dibongkar apabila sudah selesai berjualan. Variasi wedang yang ditawarkan disini adalah  wedang kacang ijo,wedang duren dan wedang kacang tanah. Rasa yang legit dan tekstur kacang yang hancur dimulut saat dimakan menambah kenikmatan wedang kacang ini. Wedang kacang kapuran paling nikmat disantap saat kedaan hangat dan tetap enak saat disajikan dingin.

Semua menu diatas dibandrol seharga 6.500 rupiah saja dan langsung bisa menyantap rasa legit dan gurihnya wedang kacang Kapuran.

Wedang Ronde Mahkota

Wedang ronde adalah minuman yang sebenarnya berasal dari kota Salatiga, tetapi banyak orang sudah menjajakan wedang ronde di kota Semarang sejak dulu. Salah satunya warung wedang ronde Mahkota yang berlokasi di Jalan Karang Wulansari no 8-9 Semarang. Wedang ronde adalah minuman yang terdiri dari kacang tanah, agar-agar, ronde, dan sajikan hangat dengan campuran kuah jahe dan gula jawa.

Di warung ronde Mahkota ini anda bisa menikmati berbagai macam menu ronde yang disediakan mulai dari ronde original, ronde tela, ronde waluh, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan cukup bervariasi mulai dari 8000-12.000 saja.

Wedang Roti

Gurih, legit dan manis adalah rasa yang dapat digambarkan dari semangkuk wedang roti ini. Wedangan “VAN” yang berlokasi di Jalan Wotgandul Timur,Kranggan, Semarang Tengah ini menjajakan wedang roti yang legendaris ini. Wedang roti yang terdiri dari roti tawar lalu disiram kuah santan yang manis dan kental serta disajikan secara hangat merupakan hidangan tradisional khas Semarang.

Untuk mendapatkan semangkuk Wedang roti “VAN” ini , anda cukup merogoh kocek 6000 rupiah saja dan sudah mendapatkan hangat dan legitnya wedang roti khas Semarang ini.

Nah itu dia 5 wedangan nge-top di Semarang , ayo datang ke Semarang dan jajan wedangan khas Semarang yang pastinya wuenak pol.

You might also like More from author

Comments

Loading...