Ini Dia 5 Makanan Tersehat di Dunia, Apa Saja?

Hello Anak Events! Kini, para kawula muda seperti kita sedang tren untuk menjalankan gaya hidup sehat. Mulai dari pola makan healthy food, diet, dan berolahraga. Banyak dari kita yang melakukan beberapa hal untuk hidup lebih sehat misalnya mengurangi makanan berminyak, mengurangi karbohidrat, dan lainnya. Namun, taukah kalian apa saja makanan tersehat di dunia? Berikut kita kasih list-nya!

1. Horenso

Sayur ini mirip dengan bayam, namun sayur ini bukan sepenuhnya bayam. Horenso (atau Horinso) memang sayur yang masih masuk dalam genus spinacia, sama seperti bayam. Namun, Horenso bukanlah bayam yang kita kenal di Indonesia.

Horenso tidak lazim di Indonesia karena biasanya tanaman ini tidak cocok untuk daerah beriklim tropis seperti Indonesia karena cepat berbunga sehingga tidak menumbuhkan banyak daun. Kesalahan penafsiran tersebut secara ilmu gizi tidak begitu salah karena keduanya sama-sama kaya akan zat besi. Makanan tersehat di bumi ini sering ditemukan dalam bentuk sayuran segar, beku, atau kalengan. Horenso mengandung energi dengan kalori rendah namun kaya akan Vitamin A, Vitamin K, dan asam esensial folat.

2. Kedelai Hitam

“Ini malika …. kedelai hitam yang saya besarkan sendiri….”

Ingat salah satu frasa dalam iklan kecap itu? Ya, ini merupakan kedelai hitam yang menjadi bahan baku kecap. Ternyata, kedelai hitam ini memiliki kandungan yang luar biasa lho.

Selain mengandung antioksidan yang tinggi hingga disebut superfood, makanan tersehat ini dicerna secara perlahan-lahan sehingga dapat membuat kita kenyang lebih lama. Kedelai hitam juga mengandung banyak kalsium, protein, dan serat.

3. Kacang Kenari

Masih dari keluarga kacang-kacangan,nih. Kacang kenari atau walnut merupakan makanan tersehat selanjutnya. Ada dua jenis kacang ini yang ditanam untuk diambil bijinya, yaitu kacang kenari Persia atau Inggris yang berasal dari Persia dan kacang kenari hitam yang berasal dari bagian timur Amerika Utara. Kacang yang kaya akan protein dan asam lemak esensial ini tersedia di pasaran dalam dua bentuk yaitu yang masih terbungkus kulit dan yang telah dibuka kulitnya.

Masuk ke dalam makanan tersehat di bumi karena kacang ini kaya akan antioksidan, lebih banyak daripada kacang-kacang lainnya. Kacang kenari juga mengandung Vitamin E, kaya akan serum tanaman, minyak omega 3, dan lemak sehat.

4. Buah Bit

Terlihat seperti bawang merah, tapi bukan! Makanan ini sebenarnya adalah umbi yang memiliki nama lengkap ubi bit merah. Ubi ini memiliki warna merah keunguan kuat sehingga sering juga digunakan sebagai pewarna dan pengobatan.

Pada abad pertengahan, bit digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit terutama yang berhubungan dengan pencernaan dan darah. Bit juga ternyata baik untuk otak dan berfungsi untuk meringankan tekanan darah tinggi. Warnanya yang cerah mengandung folat, magnesium, dan Vitamin C.

5. Alpukat

Yang terakhir ada Alpukat. Buah ini sering kita buat jus, makanan penutup, atau bahkan masker untuk wajah. Memakan salah satu makanan tersehat di bumi ini satu hingga dua buah diyakini dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan dari lemak tak jenuh tunggal, Vitamin B6, dan folat. Sayangnya kita tidak bisa menikmati buah ini setiap saat karena avokad tumbuh hanya saat musimnya saja.

Avokad dapat dinikmati dengan beragam cara, mulai dari dimakan langsung hingga menjadi tambahan roti panggang dengan garam dan merica atau seiris keju.

Nah, itu tadi 5 makanan tersehat di dunia. Kalian jangan lupa ya, terapkan pola hidup dan pola makan sehat sejak muda. Karena, makananmu juga bisa membawa dampak bagi tubuh kamu! Kalau makanannya baik, tubuh juga akan merasakan manfaatnya. Kalau buruk? hmm… so, jangan sembarang makan ya!

You might also like More from author

Comments

Loading...