Dongeng Yuk! Cara Kreatif Melestarikan Dongeng & Cerita Rakyat Indonesia

Indonesia merupakan negeri yang memiliki banyak peninggalan cerita rakyat, legenda, dan dongeng yang datang dari berbagai daerah Indonesia. Namun, di era modern ini budaya dongeng dan cerita rakyat seakan kurang diperhatikan. Hal inilah yang menjadi landasan YouTube bersama Ayo Dongeng Indonesia menginisiasi acara #DongengYuk untuk melestarikan dongeng dan cerita rakyat dari 34 provinsi Indonesia untuk diperkenalkan kembali pada generasi muda.

Salah satu cara kreatif yang ditempuh oleh mereka agar tujuan tersebut bisa tercapai adalah dengan mendigitalisasi cerita-cerita tersebut melalui platform YouTube nih #AnakEvents.

Acara Dongeng, Yuk! dilakukan pada Sabtu, (27/1/2018) dengan mendatangkan banyak tamu seperti Suharti – Kepala Biro Perencanaan Kerjasama Luar Negeri, Ariyo Zidni – Founder Ayo Dongeng Indonesia, serta beberapa YouTubers untuk mendongeng cerita-cerita rakyat dari Indonesia. Diantaranya Najwa Shihab – Duta Baca Indonesia yang membacakan kisah asal Sulawesi Selatan “La Dana dan seekor kerbau”, Kok Bisa – YouTuber dengan kisah Suri Ikun, asal Nusa Tenggara Timur, Hujan Tanda Tanya – YouTuber yang membacakan kisah Asal Usul Naga dan Buaya asal Kalimantan Tengah, Cindy Gulla, Rio Ardhillah, Vhiendy Savella, Motomobi, dan masih banyak lagi.

Acara yang dilakukan di Museum Nasional Indonesia itu juga dibuka untuk umum. Sehingga saat acara berlangsung banyak terlihat anak-anak beserta orang tuanya untuk melihat secara langsung para tokoh-tokoh yang mendongeng tersebut.

“Ada begitu banyak nilai-nilai kebaikan yang dapat dipetik dari cerita rakyat serta dongeng Indonesia dan #DongengYuk adalah usaha kami untuk membuat cerita-cerita khas Indonesia ini dapat diakses oleh siapa saja, melestarikannya secara digital untuk kepentingan edukasi dan menginspirasi generasi mendatang,” ucap Head of Public Policy Google Indonesia, Shinto Nugroho.

Dalam acara Dongeng, Yuk! ini juga diharapkan agar para orang tua bisa mulai kembali mendongeng kepada anak-anaknya dengan dongeng yang dikemas dalam konten digital. Tak hanya itu saja, dongeng dari buku juga masih bisa diandalkan karena juga bisa membuat anak-anak lebih tertarik untuk membaca lho.

Mendongeng dan mengenalkan cerita-cerita rakyat Indonesia kepada generasi muda lewat konten digital tentunya sangatlah diperlukan kan #AnakEvents, jadi pendapat kalian seperti apa nih dengan adanya acara yang sangat mengedukasi seperti Dongeng, Yuk! tersebut?

Ohiya, Seluruh 34 cerita dalam acara Dongeng Yuk bisa kamu nikmati melalui channel YouTube Google Indonesia. Kamu juga bisa menemukan cerita-cerita lainnya melalui tagar #DongengYuk di YouTube.

You might also like More from author