Dinda Saraswati : Menjadi Relawan Memberi Kebaikan

Gadis cantik, muda, dan berprestasi ditambah lagi suka dan peduli terhadap dunia sosial yang satu ini pasti bakalan bikin siapapun terkagum sama sosoknya. Namanya Dinda Saraswati Dipoyono atau biasa disapa Dinda. Gadis yang tertarik dengan dunia public speaking ini ternyata berhasil meraih banyak prestasi dan mengikuti berbagai konferensi kepemudaan loh. Pada April 2017 yang lalu, ia berhasil terpilih menjadi First Runner Up 1 Miss Internet Indonesia. Gadis asli Semarang ini juga menjadi Host di salah satu program televisi lokal di Jawa Tengah. Disamping prestasi dan kesibukannya, mahasiswi ilmu komunikasi semester 5 Universitas Dian Nuswantoro ini juga aktif di dunia sosial loh. Yuk, langsung kepoin seperti apa sih kesibukan Dinda!

Ditahun 2015 kamu masuk ke dunia perkuliahan dan memilih jurusan Ilmu Komunikasi, ada alasan tersendiri gak milih jurusan itu? 

Jadi kenapa aku milih ilmu komunikasi, karena dari SMP dan SMA gitu aku merasa udah punya ketertarikan di dunia public speaking. Dulu, kalau di sekolah ada presentasi ataupun public speaking aku pasti semangat banget, sebisa mungkin jadi yang terbaik. Nah, saat penjurusan di SMA aku langsung milih IPS, karena emang aku juga suka banget sama mata pelajaran sosiologi, suka mempelajari nilai-nilai tentang sosial, kemanusiaan, dan di Ilmu Komunikasi dipelajari hal-hal seperti itu. That’s why aku pilih jurusan Ilmu Komunikasi.

@_amareea_ x @emillymakeup 🚀

A post shared by Dinda Saraswati Dipoyono (@dindaxsd) on

Emang passion kamu dimana sih sebenarnya?

Passion aku yang masih aku jalani sampai sekarang masih di public speaking, karena di tahun ini aku masih mencoba menjadi host di TVRI Jawa Tengah dan Net Jawa Tengah gitu. Tapi, untuk kedepannya, sebenarnya aku tidak terlalu ingin menjadi Presenter, aku lebih ingin menjadi seorang profesional PR, khususnya sebagai Public Relation di media. Jadi, ya gak jauh-jauh dari media juga sih. Orang belakang layar nya gitu aja.

MC-ing IT Talk with GMedia!🎤 wardrobe: @myrubylicious x @ayudiac

A post shared by Dinda Saraswati Dipoyono (@dindaxsd) on

Oh gitu, keren! Btw, hobby kamu apa nih? Ada sangkut pautnya dengan Public Relation juga gak?

Hobby aku itu aku suka banget kegiatan yang berhubungan sama kegiatan volunteer gitu, entah di bidang sosial atau event gitu, senang aja rasanya bisa ketemu sama orang-orang yang punya ketertarikan yang sama dan melakukannya dengan sukarela, happy aja gitu buat ngelakuinnya. Kalau ada hubungannya sih pasti ada, karena aku bertemu dengan orang-orang baru dan harus bisa menyesuaikan diri juga. Hehehehe.

[Sunday, 19 February 2017] in love with this sassy top by @naracompany ✨

A post shared by Dinda Saraswati Dipoyono (@dindaxsd) on

Wah, jadi relawan ya? Awal kamu ikut kegiatan volunteer atau relawan itu gimana?

Nah, awalnya aku ikut itu di tahun 2016. Aku ikut kegiatannya AIESEC selama 2 bulan. Selama Oktober sampai Desember itu aku mengunjungi sekolah-sekolah dan panti asuhan, saling berbagi bareng-bareng sama mereka. Selama 2 bulan itu, aku merasa menemukan ketertarikan aku sebagai volunteer khususnya di dunia sosial. Gak berhenti sampai disitu, setelah selesai AIESEC, aku ada komunitas yang kemasannya agak beda nih, dan aku coba bergabung, awalnya juga sebagai volunteer, sampai akhirnya aku merasa bahwa aku suka banget dan bahagia bergabung di komunitas Hore Heroes hingga sekarang aku menjadi tim intinya.

smile even if you're in a bad mood, it'll immediately improve your mood.🤗

A post shared by Dinda Saraswati Dipoyono (@dindaxsd) on

Ngomong-ngomong soal komunitas Hore Heroes, ini komunitas apa sih?

Komunitas ini adalah komunitas sosial muslim di Semarang. Tapi, kami tidak mematok volunteer dan juga membernya beragama Muslim kok, kami juga bukan organisasi yang terlalu agamis banget, karen tujuan kami kan memang kegiatan sosial. Nah, kenapa kami sebut komunitas Muslim karena dalam kegiatan kami menggunakan tata cara agama Islam, seperti penyaluran donasi, bagaimana mendapatakan donasinya. Untuk namanya sendiri kenapa Hore Heroes itu artinya pahlawan pembawa keceriaan. Memang segala acara yang kami selenggarakan di panti manapun  selalu menggunakan konsep yang fun.

[Sunday, 26 February 2017] cc: @horeheroes playing with kiddos w/ mas @farrymaulana 👶🏻

A post shared by Dinda Saraswati Dipoyono (@dindaxsd) on

Kegiatan di Komunitas Hore Heroes apa aja nih?

Nah, di komunitas ini Hore Heroes ini kegiatannya emang gak jauh-jauh dari menggalang dan menyalurkan donasi. Yang beda itu penyalurannya agak berbeda, kita sering mengadakan event-event besar, seperti Hore Veteran waktu 17 Agustus kemarin. Kegiatan lainnya juga ada Hero Piknik, konsepnya sama, mengundang anak-anak panti asuhan untuk piknik bareng.

Menarik banget ya, aktivitas kamu di dunia sosial tentunya sedikit menyita waktu dan tenaga dong, terus dukungan orangtua sama temen-temen gimana nih?

Dukungan dari orangtua sih positif banget, ikut aktif kegiatan ini dan itu, kompetisi dan sebagainya. Sebenarnya, aku aktif mulai dari setahun belakangan, di semster 1 dan 2 aku hanya jadi mahasiswa kupu-kupu, kuliah pulang-kuliah pulang. Nah, setelah itu aku mulai berpikir untuk mulai aktif mencari kegiatan yang positif. Awalnya, orangtua aku agak sedikit kaget saat ngeliat aku mulai aktif, tapi Alhamdullilah, mereka mendukung aku dengan penuh. Sama hal nya dengan dukungan temen-temen aku sih, mereka sangat mendukung di setiap apapun yang aku ambil.

Allah dulu. Allah lagi. Allah terus. No words can explain what i feel :') terbayang untuk berada di posisi ini pun tak pernah, namun benar hasil tidak pernah menghianati usaha. Alhamdulillah alhamdulillah. Terimakasih untuk semua yang sudah mendoakan & mensupport! Terimakasih Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) atas kesempatannya dan terimakasih juga untuk ke-36 Finalist Miss Internet Indonesia 2017, bakalan kangen banget masa masa karantina kemarin! Luv!. — Congratulation for your winning @marsyagusman! You deserve it! Selamat bertugas bersama. Semangat!🤗💛 — This blessedness i dedicate to: Bapak @tsdipoyono & ibu @listianidpyn, Abdul Latief Family, @nittasyaa @risalm @rhonandiarto @dodieammar [who always support me no matter what], Ibu @uulnisa & @udinus_smg [yang selalu siap memberi bimbingan], @mbiltembil @reny.dwis @creativa_smg, @horeheroes @fhrymln @dian.octav dkk, @_amareea_ & @winkleshoes, @shabrinaritonga @jeihanshavira @irvianizhar [as my video blog talent] and many more that i cant mention one by one:') #missinternetindonesia2017

A post shared by Dinda Saraswati Dipoyono (@dindaxsd) on

Wah, inspiratif sekali ya Dinda, semangat terus untuk segala kegiatan di komunitasnya ya!

You might also like More from author

Comments

Loading...