Daftar Pemain Terbaik Hingga Terburuk Nomor 7 di Manchester United

Nomor punggung bagi pesepakbola erat selalu dikaitkan dengan skill dan warisan dari pemain sebelumnya. Sebenernya ada banyak sih nomor-nomor keramat dalam sebuah klub, tapi khusus bagi sejarah Manchester United pemain bernomor punggung 7 sangatlah istimewa.

Selain pernah dikenakan oleh banyak legenda The Red Devil, nomor 7 juga identik dengan label pemain paling jago di Old Trafford. Tapi gak semua pemilik nomor 7 di MU berhasil menjadi bintang. Malah ada di antara mereka yang gagal atau cuma bertahan selama satu musim aja.

Berikut ini daftar pemain dengan nomor punggung 7 di MU dari yang terburuk, lumayan, hingga terbaik. Cekidot, #AnakEvents!

Terburuk

Angel Di Maria

Banyak fans berspekulasi meredupnya karir Di Maria saat berseragam MU karena gaya permainannya gak cocok dengan taktik Louis van Gaal saat itu. Padahal nilai transfernya sempat memecahkan pembelian paling mahal di Inggris, yakni 59,7 juta pounds.

Pada awal debutnya Di Maria pernah gelar pemain terbaik Liga Inggris bulan September 2014. Karirnya di Old Trafford mulai menurun sejak cedera hamstring pada bulan November hingga Januari 2015. Puncaknya doi tampil buruk saat MU kalah dari Arsenal pada putaran keenam piala FA. Di akhir musim pemain sayap itu dijual langsung ke PSG dengan baderol lebih murah yaitu 44 juta pounds.

Memphis Depay

Sempat digadang-gadang sebagai the next CR, Depay didatangkan ke Theater of Dreams di era Louis van Gaal dengan biaya 25 juta pounds dan langsung mengenakan jersey nomor 7 setelah kepergian Di Maria. Sayang karirnya cuma bertahan dua musim dengan total sepasang gol dari 33 penampilan.

Sejumlah pengamat mungkin merasa bahwa pembelian pemain berpaspor Belanda itu adalah sesuatu kegagalan. Tapi sebenernya MU gak rugi-rugi banget kok, soalnya pada debutnya musim 2015-2016, jersey nomor 7 Depay berada diurutan ketiga setelah Messi dan Cristiano Ronaldo, dalam daftar jersey terlaris menurut situs Kitbag.

Michael Owen

Setelah malang melintang ke berbagai klub, mantan bintang Liverpool ini pernah berseragam MU pada musim 2009-2012. Si pemain bilang jika Sir Alex lah yang meminta doi bergabung setelah klub menjual Cristiano Ronaldo ke Real Madrid dan Owen diberi kehormatan mengenakan nomor 7 di MU.

Berbanding terbalik saat membela The Reds penampilan Owen di MU cuma mampu mengemas 5 gol selama tiga musim. Di akhir musim pihak klub memilih gak memperpanjang kontraknya. Sang pemain memilih membela Stoke City selama satu musim, dan akhirnya memutuskan untuk pensiun di musim selanjutnya.

Alexis Sanchez

Terlalu cepat kalo bilang Sanchez kurang bersinar bersama MU karena doi belum genap satu musim membela Setan Merah. Akan tetapi, performa buruknya di Liga Champions menjadikan doi sebagai momok nomor 7 di MU.

Bahkan gagalnya MU di babak 16 besar Liga Champions musim ini karena aksi pemain Chile yang merusak ritme anak-anak MU lainnya. Gak cuma itu, Sanchez tercatat sebagai pemain MU yang paling sering kehilangan bola. Duh, semoga penampilan doi bisa lebih baik lagi ya, #AnakEvents!

Lumayan

Antonio Valencia

Beda sama empat pemain di atas, Valencia dipercayai oleh Sir Alex Ferguson untuk mengenakan nomor 7 setelah kepergian Michael Owen. Entah karena dianggap keramat atau tekanan dari nama besar pemain nomor 7, Valencia cuma mencetak sebiji gol pada musim 2012-2013.

Penampilannya kala itu emang ‘B’ aja, tapi The Red Devil  justru berhasil menjuarai liga Inggris, sekaligus menjadi tahun terakhir Sir Alex sebelum pensiun. Semusim berlalu, Valencia kemudian memutuskan balik lagi ke nomor lamanya yakni 25 dan masih doi pakai sampai sekarang.

Neil Webb

Neil Webb bergabung dengan MU saat klub baru dilatih 4 musim oleh Sir Alex. Kedatangannya ke Old Trafford berbarengan dengan Danny Wallace, Mike Phelan, dan Gary Pallister.

Selama mengenakan nomor 7 sebenernya doi cukup ditakuti oleh tim lawan. Namun masalah Webb selama membela MU adalah kutukan cedera ditambah hubungannya dengan Sir Alex kurang akur. Tiga tahun di MU, Webb mencetak 8 gol dari 75 laga.

Steve Coppell

Mundur lagi ke era 70an, ada nama Steve Coppell sebagai pemilik nomor 7 di MU. Doi adalah salah satu pemain di balik peforma epik Setan Merah menembus piala FA tahun 1976 dan 1977.

Tampil sebagai tim Underdog, Manchester United justru bisa mematahkan dominasi Liverpool di ajang Piala Eropa tahun 1977 dan 1978. Karir gemilang Coppell di MU berlangsung 8 musim. Pada usia 28 tahun sang legenda memutuskan pensiun dini karena masalah cedera.

Terbaik!

David Beckham

Sebelum menjadi pemain bintang Real Madrid, LA Galaxy, dan pensiun di PSG, karir gemilang Beckham justru ada saat berseragam MU selama 11 musim. Ketajaman doi dalam eksekusi bola mati menjadikannya layak mengenakan nomor 7 setelah Eric Cantona di tahun 1997.

Koleksi delapan gelar Liga Inggris pernah dirasakan oleh Om Becks bersama MU, akan tetapi hubungannya dengan Sir Alex mulai retak usai insiden sepatu melayang di kamar ganti saat MU kalah Arsenal di piala FA tahun 2003. Setelah kejadian itu mantan Kapten Timnas Inggris kemudian cabut ke Real Madrid.

Bryan Robson

Pemain dengan julukan ‘Captain Marvel’ ini emang layak disebut legenda. Selama membela MU mulai tahun 1981, Robson tampil sebanyak 461 laga dengan 99 gol dan dipercayai menjadi kapten selama 12 tahun, sekaligus menjadikannya sebagai pemain dengan ban kapten terlama di MU.

Namanya juga berada di urutan ketiga setelah Billy Wright dan Booby Moore sebagai kapten timnas Inggris terbanyak, yaitu 65 kali. Selama mengenakan jersey nomor 7 di MU, Robson udah menangin dua gelar Liga Inggris, tiga Piala FA, dan satu Piala Eropa. Kurang lengkap apa lagi coba.

Eric Cantona

Jago mencetak gol dan berkelahi melekat pada sosok Eric Cantona. Kesuksesan MU pada rentetan gelar domestik dan Eropa di era tahun 90an juga gak lepas dari performanya. Wajar aja kalo ‘King Eric’ masuk urutan tiga besar sebagai pemilik nomor 7 paling ikonik di Old Trafford.

Seenggaknya ada 64 gol dikoleksi pemain Prancis itu dalam 143 laga bersama Setan Merah. Performa apiknya justru berbanding terbalik sama sikapnya yang badung dan tempramen. Salah satu insiden Cantona paling terkenal di liga Inggris adalah tendangan ‘kung-fu’ kepada seorang fan Crystal Palace. Untung doi jago ya.

Cristiano Ronaldo

Masuk ke era tahun 2000an, nomor 7 di MU masih melekat pada sosok pemain sepakbola terbaik saat ini, Cristiano Ronaldo. Didatangkan dari Sporting Lisbon pada tahun 2003, Ronaldo memecahkan rekor transfer pemain muda termahal di Inggris dengan angka 12,24 juta pounds.

Pemain muda itu langsung diwarisi nomor 7 Beckham oleh Sir Alex. Hasilnya, sang pemain mampu menyamai catatan para suksesornya seperti George Best, Eric Cantona, dan David Beckham. Di Real Madrid, kapten timnas Portugal itu juga masih mengenakan nomor 7. Ntap!

George Best

Pemilik nomor 7 terbaik di MU jatuh pada sosok George Best. Pemain sayap dengan sebutan ‘Si Jenius’ ini berhasil mengoleksi 181 gol dalam 474 laga di semua kompetisi Setan Merah. Bersama Denis Law dan Bobby Charlton, ketiganya dijuluki sebagai “United Trinity” berkat kontribusinya memenangkan gelar piala Eropa tahun 1968.

Best menjadi pemain MU pertama yang memangkan gelar Ballon D’Or tahun 1968. Sayang gelar menterengnya berlalu gitu aja di masa tua, setelah dirinya diketahui kecanduan alkohol yang kemudian menewaskannya pada tahun 2005.

You might also like More from author