Buat Kamu Yang Mau Jadi Artis KPop, Buruan Ikutan Audisi SM Entertainment

Industri musik KPop tak pernah ada habisnya. Setiap tahun selalu ada penyanyi solo maupun grup yang debut dari berbagai agensi, termasuk dari SM entertaiment. SM merupakan satu agensi terbesar di Korea yang telah menelurkan banyak artis terkenal.

Mulai dari Red Velvet, SNSD, f(x), Super Junior, SHINee, NCT hingga EXO menjadi grup andalan agensi ini. Tak mudah memang mencapai titik yang telah artis besar SM itu dapatkan. Mereka semua telah melalui proses audisi, trainee dan beruntung bisa debut.

Tak hanya warga negara Korea yang bisa menjadi trainee dan debut dalam naungan SM Entertaiment. Warga negara asing juga ternyata bisa menjadi artis di Korea. SM sudah banyak menelurkan artis besar yang berasal dari luar negeri.

Para artis itu sebelumnya telah menghadapi ketatnya persaingan dalam audisi di agensi besar tersebut. Ditambah lagi dengan perbedaan bahasa yang semakin menyulitkan mereka untuk berkomunikasi. Tapi mereka akhirnya bisa membuktikan bisa melalui itu semua hingga debut menjadi bintang besar.

SM Entertaiment Global Audition

SM Entertaiment Global Audition merupakan audisi yang diadakan oleh SM Entertaiment sebagai satu agensi terbesar di Korea untuk menjaring orang-orang berbakat dari mancanegara. Audisi ini diadakan setiap tahun dan sudah lama berjalan hingga dapat menghasilkan artis-artis besar seperti Amber f(x), Henry Super Junior, Lay EXO dan lainnya.

Indonesia tak luput dari audisi ini. Beberapa tahun terakhir SM selalu mengadakan audisi di Indonesia. Kabarnya, malah telah ada seorang remaja asal Jakarta yang saat ini telah dipersiapkan untuk debut dalam sebuah boygrup di bawah naungan SM Entertaiment.

Tahun 2018, SM kembali mengadakan audisi di 10 negara yaitu Korea, Jepang, Amerika, Kanada, Vietnam, Thailand, Chile, Argentina, China dan Indonesia.

Audisi SM Entertaiment di Indonesia

Tahun 2018, SM kembali mengadakan audisi di Indonesia yang diadakan di 6 kota besar dan dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama SM Entertaiment Global Audition di Indonesia diselenggarakan pada 18 April di Bogor, 21-22 April di Jakarta, 25 April di Bandung dan 28 April di Palembang.

Untuk gelombang kedua diselenggarakan tanggal 3-4 November di Jakarta, 7 November di Surabaya dan 10 November di Medan. Sedangkan untuk lokasi detailnya akan diberi tahu secara pribadi oleh pihak SM Entertaiment jika peserta lolos audisi online, agar tidak terjadi lonjakan peserta yang datang.

Persyaratan untuk Mengikuti Audisi

Audisi SM Entertaiment Global Audition 2018 bisa diikuti oleh siapa saja, tanpa mengenal umur, jenis kelamin dan kewarganegaraan, asal memenuhi kualifikasi yang diinginkan pihak SM. Kamu bisa memilih bagian yang cocok untukmu, yaitu menyanyi, menari, akting, model iklan maupun catwalk, dan juga menulis lirik.

Setiap peserta hanya bisa mengikuti satu kali audisi. Tak bisa berulang mengikuti audisi di beberapa kota selama tahun 2018. Untuk mengikuti audisi SM Entertaiment, kamu tak dipungut biaya sepeserpun, jadi hati-hati jika ada penipuan yang berkedok audisi ini ya!

Langkah pendaftaran SM Entertaiment Audition 2018

Jika kamu tertarik untuk menjadi artis SM, pertama-tama harus mengikuti audisi online terlebih dahulu. Cara audisi online ada 3. Pertama, mengisi formulir pendaftaran online SMTOWN yang juga harus melampirkan videomu sedang bernyanyi atau menari berdurasi 30 detik berukuran file maksimal 100MB.

Selanjutnya, pihak SM akan mengirimimu email yang berisi waktu dan lokasi audisi jika kamu lolos audisi tahap selanjutnya.

Cara kedua adalah mendaftar melalui email. Kamu harus memastikan terlebih dahulu akan mengikuti audisi di kota yang mana. Sebab, setiap kota ada emailnya masing-masing. Jadi pastikan jangan salah dalam mengirim email. Alamat email dapat kamu lihat di website audition.smtown.com. Sertakan pula biodata dirimu, tanggal dan tempat audisi serta video diri sedang menari atau menyanyi dengan durasi 30 detik, ukuran file tak lebih dari 100MB. Selanjutnya, pihak SM akan mengirimimu email yang berisi waktu dan lokasi audisi jika kamu lolos audisi tahap selanjutnya.

Cara yang ketiga adalah melalui aplikasi “Everysing”. Caranya kamu hanya tinggal log-in melalui email, kemudian klik “SM Everysing Audition”, klik “Audition Apply”, baru masukkan videomu sedang menyanyi atau menari dengan ukuran file tak lebih dari 100MB.

Isi kolom judul dan penyanyi dari lagu tersebut, kamu juga harus mencentang kolom yang mengizinkan SM untuk mengunggah videomu ke Youtube, lalu klik “update”. Selanjutnya, kamu hanya tinggal menunggu email berisi waktu dan lokasi audisi di akun yang kamu gunakan untuk log-in. Periode pendaftaran ini berlaku mulai dari 20 Desember 2017 hingga sehari sebelum audisi dilaksanakan.

Persiapan audisi SM Entertaiment Global Audition 2018

Sebelum audisi di depan juri dari SM Entertaiment, tentunya kamu harus mempersiapkan beberapa hal yang sebenarnya telah menjadi ketentuan dari pihak SM. Untuk bidang menyanyi, kamu harus mempersiapkan diri untuk menyanyi tanpa musik maupun mic, lagu yang kamu nyanyikan bisa lagu yang sudah ada maupun buatan sendiri.

Untuk bidang menari, kamu harus mempersiapkan tarian freestyle dengan musik yang telah disediakan panitia selama 2 menit.

Untuk bidang akting, kamu harus menyiapkan peran yang akan kamu mainkan, selain itu kamu juga harus bersiap untuk improvisasi akting yang nantinya akan diminta oleh panitia.

Untuk bagian modelling, kamu harus menyediakan pose untuk catwalk maupun pemotretan.

Sedangkan untuk bagian membuat lagu, kamu hanya tinggal membawa file berisi lirik dan musik yang kamu buat dalam flaskdisk maupun CD. Pihak SM Entertaiment juga menghimbau agar para peserta tidak memakai lensa kontak atau kosmetik yang berlebihan.

Nah gimana? Buruan daftar disini sebelum ketinggalan yaa #AnakEvents

You might also like More from author