Biar Ga Bungkuk, Kamu Harus Rutin Lakukan Aktifitas Olahraga Ini!

Tanpa kelainan fisik sekalipun, pembungkukan tulang punggung terjadi seiring berjalannya waktu. Terlalu sering membungkuk dan kekurangan otot penopang adalah penyebab utamanya. Dua faktor itu muncul akibat kebanyakan duduk.

Karena itulah para pekerja kantoran yang jarang olahraga sering punya badan bongkok. Bayangin aja. Dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore waktunya dihabisin sambil duduk bongkok di depan monitor. Sebagian bahkan sampai menderita sakit leher, punggung, dan pinggang pada usia belum menyentuh 40 tahun.

Karena itulah, #AnakEvents jangan sampe ngurangin kebiasaan berolahraga meski waktu luang terasa makin tipis seiring bertambahnya tanggung jawab usia dewasa. Dengan waktu minim itu, lakuin aktifitas olahraga ini yaa.

Latihan Otot Perut

Kamu bisa melatih otot perut dengan berbagai jenis gerakan sit up. Kalo belum kuat sit up sambil menggantung terbalik, sit up sambil duduk kayak biasa aja.

Latihan Otot Samping

Latihan otot pinggang bisa dilakuin dengan berbagai gerakan ketangkasan kayak lari ulang alik. Bisa juga dengan sit up menyamping, atau latihan otot pinggang sesuai arahan gym.

Latihan Otot Punggung Bawah

Jangan lupa latih juga otot punggung bawah biar seimbang. Lakuin aja gerakan yang sesuai dengan video di atas. Meski aneh, emang begitu prosesnya. Otot punggung bawah, pinggang, dan perut tuh termasuk core muscle yang menopang tulang belakang #AnakEvents.

Latihan Otot Punggung Atas

Otot punggung atas dan bahu perlu dilatih untuk mengurangi sakit leher akibat kebanyakan bungkuk. Caranya gampang banget. Pull-up aja dengan kondisi badan tegap, pasti otot badan bagian atas kamu terlatih, deh.

Planking

Asalkan planking dilakuin dengan benar, seluruh otot badan dan tangan terlatih tanpa bantuan alat olahraga yang mahal dan tanpa perlu ke gym sekalipun. Cuma, siap-siap aja pegal-pegal dan badan agak gemeteran setelah melakukannya.

Berenang

Olahraga yang sebenernya melelahkan tapi gak kerasa adalah berenang. Coba deh latihan gaya katak/breaststroke yang baik, pasti seluruh punggung bakal terasa enak banget setelah rutin melakukannya.

Yoga

Meski terlihat nyantai yoga sebenernya terbilang melelahkan dan sangat melatih otot serta kelenturan bisa dilakuin dengan benar. Beberapa problem punggung pun bisa terselesaikan dengan gerakan yoga.

Coba deh rutin berolahraga paling gak mengikuti video yang kita kasih di atas biar punggung tetep tegap dan engga bungkuk sebelum waktunya. Kamu punya olahraga apa lagi? Share di bawah ini, dong.

You might also like More from author

Comments

Loading...