Alasan Kenapa Lumpia Bisa Bikin Ketagihan!

Setiap daerah pasti punya makanan khas tersendiri. Kekhasan ini ada kalanya jadi pilihan tepat bagi para pelancong buat ngebawain buah tangan dari daerah yang dikunjunginya. Soalnya, kalau kamu cari-cari di tempat lain, enggak bakal nemu! Kalaupun ada, rasanya pasti beda dan enggak seautentik di tempat asalnya.

Nah, salah satu makanan khas yang susah dilupain kala pertama mencobanya adalah lumpia Semarang. Yap, lumpia adalah jajanan kuliner khas yang jadi primadona Kota Semarang. Pokoknya, kalau kamu singgah atau sekadar lewat Semarang, wajib, deh, beli lumpia. Bukan sembarang lumpia, embel-embel “Semarang” pun ada alasannya. Soalnya, lumpia yang dibuat langsung di Semarang ini punya cita rasa yang lain daripada yang lain. Yang pasti bakalan bisa bikin kamu ketagihan #AnakEvents!

Hmm, enggak percaya kalau lumpia Semarang seenak itu? Sebelum kamu ngicipin, Kita jabarin dulu kenapa lumpia Semarang harus banget kamu coba!

1. Masuk Kategori Gorengan Istimewa

Lidah orang Indonesia cocok banget sama yang namanya gorengan. Lihat aja, di pinggir jalan, dari desa sampai kota, pasti ada aja gorengan. Ada tempe, bakwan, tahu, dan lumpia tentunya. Lalu, apa yang bikin lumpia Semarang spesial? Itu karena ukurannya!

Meski ada juga ukuran kecil, kebanyakan lumpia Semarang ukurannya jumbo alias gede banget. Namun, pasti kamu enggak bakal puas kalau cuma makan satu. Saking gedenya, harga satuannya bisa sampai Rp10.000. Kemahalan buat sebuah lumpia? Nyatanya, harga ini udah layak banget, loh. Nyatanya, lumpia Semarang selalu laris manis.

2. Resep Turun-Temurun

Cita rasa lumpia Semarang benar-benar ditemuin di Kota Semarang. Awal mulanya, lumpia ini dibuat oleh pasangan suami istri keturunan Tionghoa dan pribumi. Namanya Tjoa Thae Joe dan Wasi.

Jadi, cita rasanya dari Tiongkok? Enggak juga. Awalnya, Tjoa memang ngebawa cita rasa ini dari Fukien, Tiongkok. Namun, Wasi, yang notabene adalah penjual lumpia manis asin maduin resep pasangannya dengan bahan-bahan dan rempah khas Indonesia. Dari situlah lumpia Semarang tercipta. Jadi, benar banget kalau jajanan ini adalah hasil akulturasi. Seiring berjalannya waktu, bisnis lumpia Semarang makin laku keras di pasaran.

3. Perpaduan Bahan dan Bumbu yang Orisinal

Cita rasa yang nikmat dan lembut didapat dari perpaduan rebung, telur, dan udang. Semakin nikmat dengan adanya saus kanji, acar timun, daun bawang, dan enggak lupa, cabai rawit. Variannya juga ada loh #AnakEvents. Kalo kamu lebih suka lumpia basah atau kering? Ada dua-duanya!

Meski awalnya cita rasa ini cuma dirasain sama warga Semarang, seiring berjalannya waktu, lumpia ini makin terkenal. Lumpia Semarang pun makin terkenal waktu dibawa ke pesta olahraga GANEFO pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Sejak saat itu, lumpia Semarang terkenal di kalangan turis mancanegara.

4. Mudah Didapat

Kalau ingin beli, sebenarnya kamu enggak usah jauh-jauh ke Semarang. Sekarang, udah banyak toko online yang siap ngirimin lumpia asli dari Semarang. Yah, mungkin bakal terasa beda karena enggak digoreng sama ahlinya. Seenggaknya, kamu bisa kenalan sama cita rasa lumpia Semarang ini. Kayak nonton cuplikan sebuah film begitu, deh!

Kalau lagi berkunjung ke Semarang, kamu bisa coba empat jenis lumpia Semarang yang terkenal: Lumpia Gang Lombok oleh Siem Swie Kiem (generasi ketiga Tjoa-Wasi); Lumpia Jalan Pemuda oleh Siem Swie Hie (juga generasi ketiga Tjoa-Wasi); Lumpia Jalan Mataram (masih generasi ketiga Tjoa-Wasi); dan lumpia bulat-bulat dan gurih di Jalan Tanggamus oleh Nyonya Mechtildis Tyastresna Halim. Mereka masih punya hubungan darah sama penemu lumpia Semarang. Namun, enggak jarang bekas karyawan dari pasangan Tionghoa-Indonesia ini ikutan jualan lumpia Semarang.

Kalau penasaran ngicipin cita rasa autentik lumpia Semarang yang legendaris nan ikonis, silakan langsung aja rencanain liburan ke Semarang. Jangan lupa pergi ke Warung Lumpia Gang Lombok. Namun, harus siap-siap ngantre, ya #AnakEvents!

You might also like More from author

Comments

Loading...