Acara Seru di Kota Solo Tahun 2018 Yang Wajib Kamu Kunjungi

Kota Solo selain terkenal dengan Pasar Klewernya, juga dikenal sebagai kota budaya. Meski tidak seistimewa kota Yogyakarta, warisan budaya di Kota Solo sangat beragam dan tak kalah menarik sebagai tujuan wisata.

Hal itu telihat dari berbagai festival dan pagelaran budaya yang selalu menghiasi kota Solo sepanjang tahunnya. Nah, ini dia acara budaya yang akan digelar di Kota Solo sepanjang tahun 2018.

Grebeg Sudiro, Akultrasi Budaya Etnis Tionghoa dan Masyarakat Jawa

Mendekati perayaan Imlek Kota Solo mulai bermandikan cahaya lampion, khususnya di kawasan Pasar Gede. Dalam memperingati hari raya tersebut diadakan acara Grebeg Sudiro tiap tahunnya.

Grebeg Sudiro merupakan acara perpaduan budaya antara msyarakat Tionghoa dan masyarakat Jawa yang menetap di kelurahan Sudiroprajan Kota Solo. Puncak acaranya yaitu karnaval dan arakan gunungan yang tidak hanya berisi sayuran dan palawija sebagai simbol budaya Jawa, tetapi juga ada kue keranjang hingga bakpao sebagai perlambangan budaya Tionghoa. Saat arak-arakan selesai pengunjung akan berebut gunungan yang dipercaya membawa kebaikan.

Grebeg Sudiro ini dapat ditonton oleh siapa saja dan memiliki daya tarik wisata yang kaya akan akulturasi budaya, berniat untuk ke sana?

Mangkunegaran Performing Art, Cara Unik Lestarikan Budaya

Mangkunegaran Performing Art sudah ada sejak tahun 2009 dan merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh pihak Puro Mangkunegaran dengan pemerintah Kota Solo. Dalam acara ini menyajikan beberapa pertunjukkan seperti pagelaran tari, karawitan gamelan, dan uparaca ada ala puro Mangkunegaran. Selain itu juga menampilkan pameran foto dan workshop budaya oleh beberapa seniman.

Acara yang juga berjasama denga dinas pariwisata ini bertujuan untuk mengenalkan dan melestarikan Puro Mangkunegaran sebagai warisan budaya yang dapat menunjang pariwisata Kota Solo. Berminat?

Solo Culinary Indonesia Festival, Rasakan Sensasi Cita Rasa Nusantara

Acara yang bertajuk festival masakan tradisional Jawa ini berlangsung dipertengahan tahun. Rangkaian acaranya berupa demo masak bareng chef ahli masakan tradisional, bazar makanan, dan lomba memasak.

Acara ini dapat dihadiri dan diikuti oleh siapapun dan buat kamu yang doyan makan masakan tradisional wajib banget datang memeriahkan food bazarnya. Yuk, tunggu apalagi!

Solo Menari 24 Jam, Pagelaran Tari Semalam Suntuk

Solo menari 24 jam merupakan salah satu event budaya di Kota Solo dalam memperingati hari tari sedunia yang jatuh pada 29 April. Acara ini menghadikan ribuan seniman tari tidak hanya dari Solo, tapi juga mengundang dari daerah lain seperti Yogyakarta, Cirebon, Lampung, Jambi, dan sebagainya.

Solo menari 24 Jam di Kota Solo diadakan dibeberapa tempat yang berbeda. Salah satu yang menarik adalah rangkaian acara yang diadakan oleh Institut Seni Indonesia di Kota Solo, sebab selain tari, juga menampilkan seni pertunjukkan lain seperti teater, wayang dan gamelan.

Event budaya ini dapat dinikamati semalam suntuk tanpa dipungut biaya, yakin gak berniat ke sana?

Semarak Budaya Indonesia, Lebih Mengenal Budaya

Pada awal Mei mendatang di Kota Solo akan diadakan pagelaran Semarak Budaya Indonesia. Dalam acara yang berlangsung selama dua hari ini menampilkan beberapa tari tradisional dan kontemporer dari beberapa sanggar di Soloraya.

Semarak  Budaya Indonesia diadakan oleh forum pemuda kreatif Indonesia dan bekerjasama oleh Bekraf tiap tahunnya. Untuk menyaksikannya, para penonton tidak di pungut biaya sama sekali. Jadi tidak ada alasan untuk kamu lewatkan ya!

Solo Batik Carnival, Bak Fashion Show Kelas Dunia

Pada tahun 2018 ini merupakan tahun kesebelas perhelatan Solo Batik Carnival. Acara tahunan yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah Kota Solo ini diselenggarakan pada bulan Juli mendatang.

Solo Batik Carnival merupakan acara bertajuk fashion show dengan batik sebagai bahan utama dalam pembuatan kostum. Acara ini boleh diikuti oleh siapapun dengan batasan usia minimal 3-4 tahun. Sebelum menginjak acara puncak, diadakan workshop make up, pembuatan kostum, serta pose model untuk para peserta.

Acara puncaknya yaitu karnaval di sepanjang jalan utama kota Solo yang dapat disaksikan oleh seluruh lapisan masyarakat secara langsung. Jadi tunggu apalagi?

Solo Keroncong Festival, Nostalgia Bareng Tembang Jawa

Masih di bulan Juli, Kota Solo mengadakan Solo Keroncong Festival. Pagelaran musik yang dimeriahkan para musisi keroncong lokal, nasional hingga internasional. Pagelaran ini memiliki misi untuk melestarikan dan menularkan musik tradisi dikalangan masyarakat era sekarang. Selain itu juga sebagai pembuktian bahwa musik keroncong masih bisa dinikmati ditengah industri musik global seperti sekarang.

Yuk ajak temanmu yang suka kerocongan!

Solo International Performings Art, Kemeriahan Pertunjukkan Dunia

Solo International Performings Art atau yang lebih dikenal dengan SIPA merupakan ajang pertunjukkan seni kelas dunia. Dalam acara yang digelar setiap bulan september ini menampilkan seniman dari dalam dan luar negeri, seperti Korea, Jepang, Malaysia, Spanyol, USA, dsb.

Memasauki tahun ke 10 tentunya pertunjukkan SIPA akan jauh lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya. Meski menghadirkan seniman kelas dunia, pertujukkan yang berlangsung selama tiga ini dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat secara langsung dan gratis. Selain itu juga dapat dinikamati melalui streaming YouTube.

Penasaran? Atur keberangkatanmu mulai dari sekarang!

Solo City Jazz, Berjazz Ria di September Ceria

Solo City Jazz merupakan acara musik dengan nuansa jazz yang diselenggarakan tiap tahunnya di Kota Solo. Pada tahun 2018 Solo City Jazz akan berlangsung pada bulan September mendatang.

Solo City Jazz tidak hanya menghadirkan musisi lokal tapi juga mendatangkan musisi tanah air seperti Tompi, Fariz RM, Ben Sihombing dan masih banyak lagi. Untuk tahun 2018 ini belum diketahui siapa musisi yang akan memeriahkan panggung Solo City Jazz, yang jelas acara ini selalu dinantikan oleh warga Solo dan sekitarnya. Yuk ajak temanmu!

International Mask Festival, Topeng dalam Ranah Internasional

International Mask Festival atau yang sering disebut Festival Topeng merupakan event budaya tahunan yang menampilkan beberapa tarian topeng baik dari dalam maupun dari luar negeri. Dalam rangkaian acaranya juga menghadirkan workshop pembuatan topeng oleh para seniman lokal dan mancanegara. Festival topeng tahun 2018 rencananya akan diadakan pada bulan Oktober mendatang. Tertarik?

Nah, itulah beberapa event budaya yang akan meramaikan kota Solo sepanjang tahun 2018, mulai sekarang kamu bisa mengatur jadwal untuk menghadiri salah satu dari event budaya diatas karena semua itu sayang untuk dilewatkan.

You might also like More from author

Comments

Loading...