5 Cara Menstabilkan Video Kamu Tanpa Stabilizer Mahal !

Hola #AnakEvents ! Buat kalian yang berkutat di dunia kreatif atau hanya ingin bikin video video iseng pasti pernah kan punya footage yang shaky? Footage yang shaky atau geter geter ini pasti gaenak banget buat diliat. Apalagi sekarang stabilizer profesional itu harganya lumayan mahal. Untuk kantong mahasiswa kayaknya bakal lumayan berat nihh. Nah disini kita punya 5 tips nih yang bisa bikin footage kalian lebih smooth dan gak shaky tanpa stabilizer mahal. Yuk di cek !

Strap Kamera

Dengan strap kamera kalian bisa banget bikin footage kalian lebih stabil. Caranya adalah dengan mengalungkan strap itu ke leher kalian. Dan tarik sedikit kameranya kedepan. Hal ini untuk meminimalisir tangan kalian yang bergetar dengan menyeimbangkanya di leher.

Tripod

Nah lazimnya tripod digunakan untuk hanya stay ditempat. Tapi kalian juga bisa menggunakan tripod sebagai stabilizer loh. Caranya adalah dengan menggunakan 1 kakinya untuk di letakkan di paha kalian atau di perut. Footage dengan cara seperti ini akan menghasilkan footage yang lebih stabil dibanding hanya dengan tangan kosong.

DIY Stabilizer

Banyak sekali di internet tutorial tutorial cara membuat stabilizer. Nah salah satu yang paling mudah adalah dengan pipa PVC. Dengan harga 40 ribu rupiah saja kalian bisa membuat stabilizer sendiri loh !  

Aplikasi

Nah jika kalian suka sekali dengan salah satu footage yang kalian shoot tapi footage tersebut shaky, kalian bisa mengedit footage tersebut di post production phase. Dengan plug in yang ada di aplikasi editing kalian, kalian bisa meminimalisir pergetaran tersebut.

Rekam dengan Slowmotion

Nah kalau kalian suka mengambil footage scenery atau ambience. Pakailah mode slowmotion. Dengan ini footage kalian bakal keliatan lebih Aesthetic dan footage yang shaky akan lebih sedikit berkurang. Untuk pengambilan ini kalian bisa meninggikan FPS di kamera atau dengan aplikasi dan plug in saat post produksi. Silahkan dicoba !

Nah itu dia 5 tips agar footage yang akan kalian ambil lebih steady dan tidak bergetar. Semoga membantu !

You might also like More from author